Senator AS: Tidak Akan Ada Perang dengan Iran

Sekitar 29 senator termasuk Hillary Clinton menulis surat pada Presiden George W. Bush yang isinya menyatakan bahwa Kongres tidak akan memberikan otoritas pada Bush untuk mengobarkan perang dengan Iran.

Sekitar 29 senator dari partai Demokrat dan satu senator dari kalangan independen mendesak agar pertikaian antara AS dan Negara Islam Iran diselesaikan dengan cara diplomatik.

"Kami menegaskan bahwa tidak akan ada otoritas dari Kongres untuk serangan militer sepihak terhadap Iran, " demikian bagian isi surat tersebut.

Sementara itu, sikap tiga senator dari Partai Demokrat yang akan menjadi kandidat presiden, terpecah. Chris Dodd, senator yang mewakili wilayah Connecticut akhirnya ikut menandatangani surat tersebut. Dua senator lainnya, Barack Obama dari Illinois dan Joe Biden dari Delaware menolak memberikan tandatangannya, dengan alasan seharusnya dilakukan diambil tindakan yang lebih tegas pada Bush, bukan sekedar menulis surat.

Penolakan Obama, membuat juru kampanye dari kubu Clinton menuduh Obama sedang memainkan strategi politiknya. Namun juru bicara Obama, Bill Burton menyatakan bahwa Obama akan mengambil langkah lebih tegas untuk mencegah pemerintahan Bush agar tidak mengobarkan perang lagi.

"Langkah itu lebih dari sekedar membuat surat untuk mencegah pemerintah menggunakan apa yang tercantum dalam resolusi Kyl-Lieberman, sebagai pembenaran atas tindakan militer pemerintah terhadap Iran, " ujar Burton. Ia menyebut amandemen yang disponsori senator Jon Kyl, R-Ariz, Joe Lieberman dan D-Conn, yang diajukan pada 26 September, untuk menetapkan Garda Revolusi Iran sebagai organisasi teroris dan membenarkan serangan ke Iran.

Clinton adalah satu-satunya anggota senat dari Partai Demokrat yang mendukung kebijakan Bush menetapkan Garda Revolusi Iran sebagai organisasi teroris. Rival-rival Clinton mengecam sikapnya dan mengatakan bahwa Bush bisa memanfaatkan dukungan itu untuk perang dengan Iran. Tapi Clinton menyatakan bahwa dukungannya bukan untuk mendukung serangan militer terhadap Iran, tapi dukungan untuk memilih langkah diplomasi.

Lebih lanjut Burton mengatakan, "Langkah yang lebih tegas itu membutuhkan jawaban dari legislatif dan Senator Obama berencana untuk mengajukan usulan tersebut. "

Selain senator dari Partai Demokrat, Senator Chuck Hagel dari Partai Republik yang selama ini kerap melontarkan kritikan tajam atas kebijakan Bush, juga sudah mengirimkan surat pribadinya pada Bush. Isinya, mendesak Bush untuk berdialog langsung dengan Teheran. (ln/presstv)