Serikat Pekerja Pelabuhan Swedia Blokir Kargo dan Kapal Israel

Serikat pekerja pelabuhan Swedia pada hari Rabu kemarin (24/6) meluncurkan blokade seminggu untuk kargo ke dan dari Israel sebagai bagian dari protes mereka terhadap serangan Israel terhadap kapal bantuan kemanusiaan bulan lalu, kata seorang perwakilan serikat pekerja kepada AFP.

"Blokade juga berlaku untuk kapal Israel, blokade ini diluncurkan karena serangan terhadap kapal armada kebebasan yang menuju Gaza, kami mendukung armada kebebasan sebelum akhirnya mereka diserang dan kami menentang blokade terhadap Jalur Gaza, yang berdampak pada penduduk sipil, " kata juru bicara serikat pekerja pelabuhan Rolf Axelsson.

Ketua persatuan pekerja pelabuhan, Bjoern A. Borg menambahkan bahwa serikat pekerja meminta adanya penyelidikan internasional atas serangan pada tanggal 31 Mei yang menewaskan sembilan aktivis pro-Palestina.

Dia mengatakan kepada AFP para pekerja pelabuhan meyakini pelonggaran blokade Israel terhadap jalur Gaza, yang diumumkan hari Ahad lalu, belum lah cukup.

Sebelas warga Swedia, termasuk penulis cerita kriminal Henning Mankell, ambil bagian dalam armada kebebasan dan sempat juga ditahan Israel. (fq/aby)