Setelah Konflik Berkepanjangan, Akhirnya Erbakan Pimpin Partai Kebahagiaan

Mantan Perdana Menteri Turki pada hari Ahad kemarin (17/10) telah terpilih sebagai pemimpin baru Saadet Partisi (SP) atau Partai Kebahagiaan .

Partai ini mengadakan konvensi yang luar biasa untuk memilih kepengurusan partai yang baru menyusul keputusan pemimpin sebelumnya Numan Kurtulmus dan timnya untuk mengundurkan diri dari tubuh partai setelah konflik berkepanjangan dengan kubu Erbakan.

Erbakan 84 tahun – pendiri beberapa gerakan Islam politik di Turki – mengatakan sebelumnya bahwa ia tidak akan mencalonkan diri untuk menduduki posisi ketua partai, namun delegasi partai dari kubunya menyebutkan nama Erbakan sebagai calon ketua baru.

Masuk dalam daftar pengurusan baru Dewan Eksekutif partai, termasuk anaknya Fatih dan putrinya Elif yang sebelumnya menolak menerima Kurtulmus sebagai pemimpin partai.

Setelah konflik dalam partai antara Kurtulmus dan pendukung Erbakan dan timnya, Kurtulmus mengumumkan pengunduran dirinya dari partai dalam upaya untuk mendirikan partai yang baru.

Jadi, Erbakan telah kembali ke panggung kehidupan politik setelah 12 tahun interval cutinya dari dunia politik.

Pada tahun 1997 tentara memaksa koalisi Islam yang dipimpin Erbakan untuk mengundurkan diri dengan alasan bahwa kekuasaannya akan membawa Turki dalam kehidupan aturan beragama.(fq/wb)