Tak Ada Daging Halal dan Tempat Ibadah, Keluarga Muslim Ini Pilih Pindah

Eramuslim – Eropa sebetulnya sudah cukup bersahabat bagi Muslim dalam menyediakan tempat ibadah, pendidikan, dan makanan halal. Di banyak kota-kota besar dan kecil di Eropa selalu tersedia makanan halal atau setidaknya vegetable for vegetarian.

Namun, rupanya masih ada kota yang belum sanggup menyediakan kebutuhan umat Islam ini secara rutin. Hal ini terjadi di wilayah Inverclyde, Skotlandia, di mana kaum imigran Muslim tinggal di sana.

Sebanyak 18 keluarga Muslim Afghanistan yang mendiami wilayah Inverclyde terpaksa harus pindah tempat tinggal. Alasannya, karena kurangnya fasilitas beribadah yakni masjid dan tidak adanya guru pendidikan agama bagi mereka di wilayah itu.

Bahkan, menurut laporan, para keluarga Muslim Afghanistan itu terpaksa pindah lantaran sulitnya mengakses daging halal yang terjangkau. Alasan lain kepindahan mereka adalah karena ingin tinggal lebih dekat dengan komunitas Afghanistan lainnya yang lebih besar serta agar lebih dekat dengan teman, keluarga serta tempat kerja.

Wilayah Inverclyde telah menjadi tempat tinggal bagi keluarga-keluarga Afghanistan dan Suriah sejak 2015. Dewan setempat mengatakan wilayah itu telah berhasil menyediakan pemukiman bagi pengungsi Suriah sehingga menarik lebih banyak orang datang ke wilayah itu. Dewan setempat merekomendasikan Inverclyde terus beradaptasi dalam skema pemukiman.

Dewan mengatakan bahwa para keluarga Afghanistan meninggalkan wilayah itu tak ada kaitannya dengan pengalaman mereka tinggal di Inverclyde sebelumnya.