Taliban Kembali Tembak Jatuh Helikopter Pasukan NATO

Taliban Afghanistan mengaku bertanggungjawab telah menembak jatuh sebuah helikopter milik pasukan NATO di Kunduz Afghanistan utara. Juga mengaku menembak helikopter lainnya hingga jatuh di dekat ibukota, Kabul.

Seorang juru bicara gerakan Taliban Zabihullah Mujahid menyatakan bahwa para pejuang Taliban telah menembakkan "RPG" dengan target helikopter NATO, ketika helikopter tersebut terbang di ketinggian rendah di atas wilayah Laiqi di negara bagian Kunduz.

Jurubicara Taliban mengatakan hal itu dalam sebuah pernyataan yang diposting di situs Jihadis bahwa penembakan helikopter terjadi sekitar pukul satu Rabu siang (24-03-2010), dan menjelaskan bahwa setelah rudal menghantam helikopter, helikopter kemudian terbakar dan jatuh ke tanah.

Juru bicara Taliban menunjukkan bahwa sampai saat penerbitan pernyataan ini, dirinya masih berada di dekat reruntuhan lokasi helikopter yang jatuh ditembak, dengan pasukan pendudukan yang mulai mendekati daerah itu yang kemudian mengumpulkan tubuh-tubuh tentara yang mati dari helikopter.

Zahibullah Mujahid juga mengaku Taliban bertanggung jawab untuk jatuhnya helikopter lain yang mereka tembak Selasa lalu di dekat kota Maidan Shar, barat daya kota Kabul.

Pejabat Afghanistan setempat mengakui bahwa Selasa lalu sebuah helikopter yang digunakan oleh pasukan NATO dari Turki jatuh ditembak, menewaskan satu orang tentara Turki dan melukai tiga lainnya. Juru bicara pejabat Afghanistan setempat mengatakan bahwa helikopter sipil yang digunakan oleh pasukan NATO digunakan oleh pasukan Turki untuk mengangkut pasokan bahan kepada pasukan Turki yang beroperasi di ISAF.(fq/imo)