Di Pakistan Hewan Kurban Dijual Secara Online

Warga Pakistan yang tidak ingin melakukan perjalanan jauh untuk membeli Udhiyah (hewan kurban) atau terlalu sibuk untuk mengunjungi pasar hewan dan melakukan tawar menawar harga, sekarang dapat melakukannya hanya dengan sebuah klik pada keyboard komputer.

"Kami telah meluncurkan layanan ini mengingat jarak yang jauh dan kesibukan orang-orang, terutama di kota-kota besar, yang harus menempuh perjalanan 40-50 kilometer hanya untuk mengunjungi pasar ternak dan membeli hewan kurban," kata Mohammad Riyan kepala eksekutif Eidqurbani.com.pk, kepada IslamOnline.net.

Toko online terkemuka Pakistan Symbios.pk telah memperkenalkan fasilitas online pembelian hewan kurban untuk pertama kalinya di Pakistan bersama-sama dengan situs yang baru terbentuk Eidqurbani.com.pk.

Symbios.pk telah menawarkan ratusan produk dalam berbagai kategori mulai dari komputer, elektronik, telpon selular, alat-alat Olahraga & Fitness, mainan anak-anak, dan alat-alat & perangkat keras selama bertahun-tahun.

Ini adalah pertama kalinya toko online melayani penjualan hewan kurban sebelum `Idul Adha, yang dimulai di Pakistan pada Sabtu, 28 November.

"Walaupun saya telah menyiapkan toko online saya sendiri, hal ini tidak hanya sesuatu yang baru tetapi juga masyarakat kurang berpengalaman dalam belanja online," aku Riyan, yang memiliki berbagai peternakan disekitar kota pelabuhan selatan Karachi.

"Oleh karena itu, kami telah menyewa jasa Symbios.pk untuk mengiklankan dan menjual produk-produk kami."

Riyan mengatakan bahwa terdapat peningkatan terhadap belanja online selama beberapa tahun terakhir, hal inilah yang mendorong dia untuk memulai proyek ini.

"Saya telah mempertimbangkan untuk meluncurkan gagasan ini beberapa tahun terakhir, tetapi belum dapat dilaksanakan karena beberapa hambatan teknis dan finansial.

"Tahun ini, kami dengan bangga menawarkan fasilitas baru ini kepada warga Pakistan."

Pakistan, adalah negara dari 170 juta orang, merupakan salah satu dari negara-negara Asia di mana sektor komunikasi telah sangat berkembang selama satu dekade ini.

Saat ini, ada 910 kabupaten dan kota-kota di negara Pakistan, termasuk wilayah jauh-daerah pegunungan, memiliki internet dan fasilitas sinyal ponsel.

Sekali Klik

Gambar dari berbagai jenis sapi, sapi, kambing dan domba telah diposting di situs dengan harga tercantum di bawahnya. Gambar hewan tersebut muncul bersama dengan informasi tentang berat badan, warna dan usia masing-masing hewan.

"Kami telah mencoba untuk membuat segalanya lebih mudah bagi masyarakat," kata Riyan.

"Anda hanya masuk ke website kami, pilih hewan dan konfirmasikan kepada kami. Dan kami akan mengurus semuanya setelah itu."

Harga hewan kurban diiklankan di situs cukup bersaing.

Harga kambing dan domba adalah antara Rs 9000-13,000 (110-150 dolar), sedangkan sapi dan kerbau yang tersedia seharga Rs 25,000-180,000 (300-1400 dolar).

"Kami telah mengurus semua kelas pendapatan kelas setiap warga sehingga setiap orang dapat memanfaatkan fasilitas ini," kata Riyan.

"Ini sama sekali tidak hanya untuk kelas masyarakat kaya atau mereka yang memiliki kartu kredit. Masyarakat juga dapat membayar secara tunai ketika binatang dikirimkan ke rumahnya."

Uniknya lagi tidak ada tambahan biaya pengiriman pada setiap pembelian binatang.

Tidak mau repot

Mustafeez Ali, yang bekerja sebagai manajer pemasaran di sebuah perusahaan media, adalah salah satu klien awal dari toko online yang menjual hewan kurban tersebut.

"Saya tinggal di bagian selatan Karachi dan pasar ternak sekitar 40 kilometer jauhnya dari rumah saya," katanya kepada IOL.

"Jarak yang jauh diperparah oleh kemacetan lalu lintas membuat saya tidak bisa membeli hewan kurban tahun lalu," katanya.

"Dan dengan situs ini menjadikan sesuatu sangat mudah dan bebas dari kerumitan untuk membeli hewan kurban," kata Ali sambil tersenyum, yang telah membeli sapi dan kambing melalui website baru tersebut.

Dia mengatakan dengan berbelanja online juga terhindar dari tawar-menawar tradisional, yang kadang-kadang berkembang menjadi pertengkaran verbal antara pembeli dan penjual.

"Tapi di sini semua harga adalah tetap. Apa pun yang Anda sukai dan mampu, Anda dapat membeli."

Tahir Hussein, seorang pedagang berbasis Karachi,setuju dengan pernyataan Ali.

"Ini adalah langkah yang tepat. Sebagai seorang pedagang, saya tahu bahwa segala sesuatu bisa terjadi secara online. Jadi kenapa tidak dengan hewan kurban," katanya kepada IOL.

"Ini jauh lebih mudah dan nyaman untuk membeli hewan kurban sambil duduk di rumah. Anda tidak perlu tawar-menawar dengan penjual dan memilih dua puluh satu binatang," ia menambahkan.

Riyan mengatakan tanggapan atas layanan online cukup bagus.

"Kami telah menerima panggilan dari beberapa warga yang meski tidak membeli hewan tetapi ingin tahu tentang proyek kami," katanya.

"Kami sudah tahu tentang hal itu. Kami tidak mengharapkan respon yang sangat besar tahun ini Karena setiap ide-ide segar kadang perlu diserap dan diterima," tambahnya.

"Tapi kami sangat banyak berharap bahwa dari hal-hal ini tahun depan akan jauh lebih baik InsyaAllah," kata Riyan percaya diri.(fq/iol)