Wartawan "Pelempar Sepatu Bush" Ditangkap Aparat Keamanan Irak

Wartawan asal Irak Muntazir Al-Zaidi yang pernah menggegerkan dunia dengan aksi lempar sepatunya ke mantan presiden AS George W. Bush, ditangkap pasukan keamanan Irak, Kamis (24/2).

Aparat menangkap Al-Zaidi dengan tuduhan mengajak massa melakukan aksi protes terhadap pemerintah untuk menuntut perbaikan kesejahteran rakyat. Seorang kerabat Al-Zaidi pada wartawan mengatakan, Zaidi ditangkap di distrik Adhamiya saat memberikan dukungan untuk menggelar aksi massa pada hari Jumat ini.

Seperti diberitakan, hari ini, Jumat (25/2), rakyat Irak akan menggelar aksi protes besar-besaran menuntut pemerintah melakukan reformasi, meningkatkan kesejahteraan rakyat dan memberantas korupsi di kalangan pejabat negeri itu.

"Aparat keamanan di distrik Adhamiya menangkap Muntazir Al-Zaidi dan saudara lelakinya bernama Durgam. Kami tidak tahu mereka dibawa kemana," kata Hashim Al-Iraqi, salah seorang kerabat Al-Zaidi.

Seorang pejabat keamanan Irak membenarkan penangkapan Zaidi. Ia mengatakan, Zaidi ditangkap dengan alasan telah "menghasut massa" untuk menggelar aksi protes terhadap pemerintah. (ln/rts)