Cara Potong Video Online untuk Konten TikTok Disertai Tipsnya

Free Video Cropper Tool - Crop Video Online | Canva

Eramuslim.com – Butuh potong video online untuk konten video TikTok? Sebelum mulai mengeksekusi, pelajari
tips serta caranya agar tidak salah kaprah, ya!

TikTok merupakan media sosial yang tren di hampir seluruh kalangan. Para pengguna berlomba-lomba menghasilkan konten memukau.Berangkat dari hal tersebut, fitur-fitur penting seperti potong video online dibutuhkan guna menghasilkan video berkualitas.

Fitur potong video online adalah alat yang dapat digunakan untuk mengedit video secara online tanpa perlu mengunduh perangkat lunak. Alat ini berguna untuk membuat konten video tiktok yang menarik dan sesuai dengan format media sosial.

Dengan alat potong video online free, Anda dapat memangkas, mengubah ukuran, hingga menambahkan efek, musik, dan subtitle pada video TikTok. Salah satu contoh alat potong video online yang populer saat ini adalah Canva.

Ingin potong video online ukuran besar atau kecil secara presisi pada konten TikTok? Pahami terlebih dahulu caranya berdasarkan penggunaan di Canva sebagai berikut.

Cara Potong Video Online untuk Konten TikTok

1. Buka Situs Potong Video Online
Langkah pertama adalah membuka situs potong video online. Dalam kasus penggunaan Canva, Anda dapat mengakses situs web Canva.

Buat akun Canva terlebih dahulu atau masuk dengan akun yang sudah ada untuk dapat menggunakan fitur-fitur Canva. Anda dapat mendaftar dengan email, Google, atau Facebook.

2. Pilih Template Video
Pilih template video yang sesuai dengan tujuan. Pilih dari berbagai template video yang tersedia di Canva, seperti video promosi, video hiburan, dan lain-lain.
Anda juga dapat mulai dari awal dengan kanvas kosong dan menyesuaikan ukuran dan rasio aspek sesuai kebutuhan. Hal ini bertujuan untuk menciptakan konten yang lebih orisinal.

3. Unggah video
Unggah video yang ingin dipotong. Unggah dengan cara mengeklik tombol Unggah Media di panel kiri atau seret dan taruh file video ke kanvas. Format file video yang didukung Canva adalah MP4, MOV, MKV, WEBM, dan MPEG.

4. Buka Fitur Pemotong Video
Selanjutnya, buka fitur pemotong video di Canva dengan mengklik dua kali pada video yang telah diunggah atau klik tombol Potong Area Tonton di bilah alat atas. Fitur ini akan memungkinkan Anda untuk memotong area tonton video sesuai keinginan.

5. Potong Area Tonton Video
Potong area tonton video dengan menggunakan tuas yang muncul di setiap sisi video. Anda dapat mengetuk dan menyeret tuas pemotong untuk mengubah ukuran dan rasio aspek video.

Gunakan kisi yang muncul saat menyeret tuas guna membantu mendapat komposisi tepat.
Masukkan pula durasi tertentu dalam detik untuk memotong video secara presisi.

6. Edit Video Lebih Lanjut
Edit video lebih lanjut dengan fitur-fitur yang tersedia di Canva jika perlu. Anda dapat menambahkan teks, stiker, musik, filter, transisi, dan lainnya untuk memperindahi video. Anda juga bisa mengubah warna latar belakang, kecerahan, kontras, dan saturasi video.

7.Simpan Hasil Pemotongan
Simpan hasil pemotongan dengan mengklik tombol Selesai. Video Anda akan otomatis disesuaikan dengan ukuran kanvas dan siap untuk diedit lebih lanjut atau diunduh.

8. Unduh Video
Saatnya unduh video yang telah dipotong dan diedit dengan mengeklik tombol Unduh di pojok kanan atas layar. Pilih format file MP4 sebagai output dan tunggu hingga proses unduhan selesai. Video Anda akan tersimpan di folder unduhan komputer.

9. Unggah Video ke Tiktok
Terakhir, unggah video yang telah dipotong dan diedit ke Tiktok. Buka aplikasi Tiktok terlebih dahulu dan unggah video dari galeri Anda. Tambahkan keterangan dan hashtag yang sesuai dengan konten, kemudian klik Kirim untuk memposting video Anda.

***

Itulah tadi cara potong video online khusus buat konten TikTok. Sudah siap memotong video online? Sebelum dimulai, pastikan Anda mengikuti deretan tips di bawah ini:’

● Sesuaikan ukuran dan orientasi video sesuai dengan format TikTok, yaitu 9:16 (vertikal).
Anda bisa menggunakan pengaturan prasetel yang disediakan oleh situs web tersebut
atau menyeret sudut-sudut video untuk meng-cropnya secara manual.

● Pilih bagian video yang ingin Anda potong dengan menyeret ujungnya di timeline atau
menggunakan tombol ‘Pisahkan’ jika ada. Anda juga bisa memasukkan durasi tertentu
untuk memotong video dengan presisi. Video TikTok bisa berdurasi maksimal 1 menit.

● Buat bio yang lengkap dan menarik. Bio yang lengkap akan membantu orang mengenali
Anda, sedangkan bio yang menarik akan menarik perhatian followers.

● Fokuslah pada sesuatu yang Anda kuasai, misal sesuai dengan bakat, hobi, atau minat.
Hal ini akan membuat video lebih otentik serta berkualitas.

● Konsisten dalam membuat video tiktok. Buatlah jadwal posting yang teratur dan sesuai
dengan waktu aktif pengguna. Hal ini akan meningkatkan engagement dan loyalitas
followers ke depannya.

● Pakailah hashtag yang tepat. Hashtag adalah kata kunci yang digunakan untuk
mengelompokkan video-video dengan tema yang sama. Pakailah hashtag yang populer,
spesifik, dan sesuai dengan konten Anda.

Selamat mencoba!

Beri Komentar