Mom’s Pizza & Blend Usaha Yang Dibangun dengan Modal Tekad

Mom And Pizza

Pizza bukanlah makanan yang asing bagi mayoritas masyarakat saat ini, sama halnya dengan burger. Namun, restoran yang menjual pizza di tanah air ini masih didominasi oleh restoran-restoran dari luar negeri dan harganya pun masih relatif mahal. Melihat peluang tersebut, empat sekawan yang telah cukup lama bekerja di perusahaan food & beverage akhirnya mendirikan Mom’s Pizza & Blend. Di Mom’s Pizza & Blend Anda dapat mencicipi pizza berbagai rasa dengan harga yang sangat terjangkau. Soal rasa, tidak kalah dengan restoran pizza yang berasal dari luar negeri dan Anda pun dapat menikmati aneka minuman yang segar.

Yang menarik adalah kisah dibalik berdirinya Mom’s Pizza & Blend yang baru saja merayakan miladnya yang pertama, bulan April lalu. Pemilik usaha ini adalah empat sekawan yang pernah bekerja dalam satu perusahaan yang kemudian mengalami goncangan hingga satu persatu dari mereka memilih untuk resign. Keempat sekawan tersebut adalah Herman, Tomy, Deddy dan Rachmad yang berasal dari background pendidikan dan pengalaman kerja yang berbeda, namun mereka memiliki visi dan kebutuhan yang sama yaitu ingin sukses dan bagaimana caranya agar dapat memenuhi kebutuhan financial keluarga setelah keluar dari perusahaan sebelumnya.

Kala itu, mereka sama-sama tidak memiliki modal financial yang cukup untuk membuat usaha, tetapi karena keinginan dan tekad yang kuat, mereka kerap bertemu untuk mendiskusikan jalan keluar dari permasalahan yang dihadapi hingga akhirnya sepakat membuat usaha kuliner pizza. Pizza menjadi pilihan karena Deddy memiliki pengetahuan dan pengalaman yang cukup dibidang kuliner tersebut. Kemudian Herman memberikan nama Mom’s karena teringat sosok ibu yang hangat dan penuh kasih sayang. Maka jadilah nama Mom’s Pizza & Blend sebagai brand usaha mereka.

Mendapat nama dan bidang usaha yang dipilih, bukan berarti mereka lalu dapat membuka usaha dan mulai menjalankan usahanya, karena satu masalah lagi mereka hadapi. Bagaimana mereka mendapatkan modal untuk dapat membuka usaha?! Meminjam dari bank tentu bukan solusi karena tidak ada bank yang akan meminjamkan uang untuk usaha yang belum berjalan. Namun karena keyakinan, bahwa Allah pasti akan memberikan jalan mereka terus berusaha dan bersilaturrahim dengan teman-teman. Hingga akhirnya ada salah seorang teman yang mau membantu dan meminjamkan modal untuk mereka. Alhamdulillah akhirnya Mom’s Pizza & Blend pertama dibuka. Cabang pertama ini terletak di Margonda, Depok dengan konsep booth yang berada di parkiran ruko.

Setelah membuka Mom’s Pizza & Blend bukan berarti usaha lancar dan kebutuhan dapat terpenuhi.Ternyata meski pizza adalah makanan yang cukup populer dan tempat usaha mereka cukup strategis, belum dapat mendatangkan cukup omzet untuk mendapatkan keuntungan bahkan untuk menutupi operasional. Selama tiga bulan mereka harus bersabar dengan omzet per hari yang hanya sekitar Rp 200.000 s.d. Rp 300.000. Kemudian salah seorang pelanggan mahasiswa yang puas, menuliskan review tentang Mom’s Pizza & Blend di blog dan juga disalah satu media online yang kemudian banyak di baca hingga akhirnya mulai banyak yang berdatangan dan mencari Mom’s Pizza.

Perlahan tapi pasti, usaha mereka mulai berjalan dan tak lama ada pelanggan yang tertarik untuk franchise, hingga kemudian Mom’s Pizza & Blend cabang ke-2 dibuka di Jalan Akses UI Depok. Dan hingga kini Mom’s Pizza & Blend telah memiliki 11 cabang yang tersebar di Depok, Cimanggis, Lenteng Agung dan Pasar Minggu. Keempat owner berkomitmen ingin terus menjaga agar masing-masing cabang dapat berjalan stabil.

Keempat sekawan ini memiliki background dan keterampilan yang berbeda, Herman mempunyai pengalaman di pengembangan bisnis dan marketing, Deddy sangat ahli di produk dan people (SDM), Rachmad memegang accounting & finance, sedangkan Tomy mempunyai jaringan dan berpengalaman untuk purchasing. Keahlian dan pengalaman tersebut akhirnya saling melengkapi dan membuat usaha berjalan.

Di Mom’s Pizza & Blend terdapat 20 varian makanan, pizza dengan berbagai rasa, minuman, juga spagety dan banana split. Produk yang menjadi favorit adalah pizza smoke beef dan meat lovers. Harga untuk pizza ukuran small sangar ramah di kantong yaitu Rp 10.000 dan untuk ukuran yang besar Rp 20.000 yang bisa untuk bertiga. Harga minuman berkisar antara Rp 8000 sd Rp 12000.

Untuk menghadapi persaingan Mom’s Pizza & Blend terus melakukan promosi, antara lain; membuat paket ulang tahun, vourcher diskon yang bekerjasama dengan salon dan mendatangi sekolah-sekolah TK menawarkan keterampilan membuat pizza sendiri untuk anak-anak TK.

Target Mom’s Pizza tahun ini adalah menambah cabang hingga 20. Secara kuantitas mungkin tidak terlalu banyak menambah cabang dari 11 menjadi 20, tetapi yang menjadi fokus dari Mom’s Pizza adalah bagaimana dapat menjaga setiap cabang dapat beroperasi dengan baik dan memiliki keuntungan yang bagus.

Selain itu di tahun 2012 keempat founder Mom’s Pizza & Blend berharap dapat memiliki kantor holding sendiri yang lebih baik.

Selama menjalankan usaha hingga mencapai 11 cabang tidak sedikit kendala yang dihadapi, dan salah satu yang sangat terasa adalah masalah operasional dan pengawasan karyawan seperti manipulasi keuangan dan hal lainnya. Untuk itu sebagai cara untuk menjamin kesejahteraan karyawan, manajemen memberikan tunjangan dan pinjaman apabila ada karyawan atau keluarganya yang sakit.

Dan untuk memotivasi karyawannya Mom’s Pizza mempunyai strategi, yaitu dengan membuat komitmen bahwa Mom’s Pizza tidak akan merekrut karyawan level staf dari luar yang telah memiliki keterampilan atau pengalaman, tetapi akan merekrutnya dari crew-crew internal yang telah ada sesuai dengan kinerja dan kemampuannya. Setiap karyawan yang bekerja di Mom’s Pizza harus melewati tahapan mulai dari level crew – crew senior – team leader – staff HO. Saat ini ada beberapa karyawan yang telah mendapat promosi untuk menjadi staff HO.

Terjun ke dunia usaha bagi keempat sahabat ini bukan hanya sekedar usaha untuk memenuhi kebutuhan keluarga, tetapi mereka ingin berkontribusi untuk dapat mengurangi pengangguran yang ada di Indonesia ini. Oleh karena itu mereka tidak pernah membatasi pendidikan bagi karyawannya. “Karyawan atau kami menyebutnya crew Mom’s Pizza tidak harus memilki pendidikan tertentu, tetapi yang terpenting memiliki keinginan untuk bekerja dan bisa belajar. Karena kami yakin karakter dan keterampilan itu dapat dirubah dengan didikan dari lingkungan dan salah satunya dari pekerjaan. Kami pun menerima karyawan yang lulusan SD sekalipun,” ujar Herman salah satu founder Mom’s Pizza & Blend.Video Wawancara[Fzl/Ii/Wn]