Italia Tengah Bersiap Akui Negara Palestina

p22s4_Matteo Renzi
PM Matteo Renzi

Eramuslim.com – Kian hari kian banyak negara-negara Eropa dan dunia yang mengakui eksistensi negara Palestina. Kemarin, anggota parlemen Italia menyerukan pemerintahnya untuk juga mengakui negara Palestina. Anggota parlemen dari Left Ecology Freedom (SEL) dan Partai Sosialis mengatakan pengakuan negara Palestina adalah solusi bagi perdamaian di Dunia Arab, seperti dilansir Ibt Times (19/2).
Perdana Menteri Matteo Renzi dari Partai Demokrat (PD) mengatakan sedang mempertimbangkan hal ini dan akan menggelar pemungutan suara terkait pengakuan negara Palestina.

Apabila benar-benar terjadi, Italia akan mengikuti langkah sejumlah negara Eropa lainnya seperti Inggris, Swedia, Spanyol, dan Perancis yang sudah mengakui negara Palestina.

Dalam sejarahnya, Negara Palestian Merdeka sesungguhnya sudah diproklamirkan oleh Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) pada 1988, dimana 135 dari 193 negara anggota PBB telah mengakui Palestina sebagai sebuah negara. Dan ini memang seharusnya, karena bangsa Palestina adalah pemilik sah Bumi Palestina. Sedangkan Zionis-Israel adalah penjajah. (rz)