Jabal Nur, Kuburan Al Qur’an Dari Pakistan

Image processed by CodeCarvings Piczard ### FREE Community Edition ### on 2017-01-22 10:08:37Z |  |
Image processed by CodeCarvings Piczard ### FREE Community Edition ### on 2017-01-22 10:08:37Z | |

Eramuslim – Jabal Nur yang berada di wilayah ibukota provinsi Baluchistan, Quetta, kini menjadi viral di dunia maya setelah dikenal dengan nama “Kuburan Al Quran” karena banyaknya mushaf yang disimpan di dalamnya.

Ide pembuatan makam ini dicetuskan oleh seorang pengusaha Pakistan dalam rangka menjaga kesucian mushaf Al Quran yang sudah tidak terpakai oleh pemiliknya dari kerusakan ataupun pembiaran seperti yang terjadi pada kebanyakan buku-buku bekas.

Langkah disimpan dengan cara dikubur ini diambil oleh seorang pengusaha yang minta dirahasiakan identitasnya setelah sejumlah ulama Pakistan melarang membakar ataupun menyia-nyiakannya.

Terowongan bawah tanah Jabal Nur mulai di bangun pada tahun 1992, dan kini diperkirakan ada sekitar 2,2 juta-2,5 juta eksemplar mushaf Al Quran dimana salah satunya ada sebuah mushaf yang diperkirakan ditulis sejak 600 tahun lalu.

Tercatat setiap harinya hampir seribu orang mengunjungi Jabal Nur untuk melihat sebuah tempat yang kini dikenal dengan Kuburan Al Quran. (Arabi21/Ram)