Jerman: Jangan Kaitkan Tragedi Paris Dengan Arus Pengungsi di Eropa

pengungsi Suriah baru tibaEramuslim.com – Terkait Tragedi Paris, muncul berbagai spekulasi, terutama yang dihembuskan kaum radikal ultra nasionalis, jika tragedi itu dipicu oleh penerimaan arus pengungsi yang dilakukan Eropa dari Dunia Arab. Beberapa serangan sudah terjadi menimpa pengungsi di Eropa. Sebab itu, Jerman dengan penuh keprihatinan menyerukan agar Tragedi Paris jangan sekali-kali dikaitkan dengan arus pengungsi Timur Tengah.Mengutip AFP (15/11), Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Jerman Thomas de Maiziere menyatakan hal tersebut.

“Saya ingin membuat permohonan yang sudah mendesak, jangan gambarkan seolah ada kaitan dengan situasi para pengungsi,” kata Maiziere.

Dia menyatakan, telah terjadi situasi mengerikan yakni serangan terhadap para pencari suaka dan tempat-tempat penampungannya. Pasukan keamanan juga akan memperhatikan seksama terhadap ekstremis sayap kanan.

Jerman memperkirakan, ada sejuta pencari suaka tahun ini. Namun arus pencari suaka juga disoroti sebagai langkah salah. Aksi pembakaran terhadap penampungan pengungsi juga acap terjadi. Kepala negara bagian Bavaria Horst Seehofer dikenal sebagai orang yang paling tajam mengritik Kanselir Angela Merkel yang membuat kebijakan pintu terbuka untuk para pengungsi. Seehofer mendorong agar perbatasan Eropa diperkuat.(ts)