Kisah Pelarian Diri Presiden Abed Rabbo Mansour Hadi Dari Ibukota Sana’a

abed-rabbo-mansour-hadiEramuslim – Pemimpin Partai Keadilan dan Pembangunan Yaman, Abdul Aziz Jabbari, mengungkapkan bagaimana detik-detik pelarian diri Presiden Abed Rabbo Mansour Hadi dari ibukota Sana’a menuju Aden di wilayah selatan Yaman pada Sabtu (21/02) pekan lalu.

Dalam postingannya di jejaring sosial Facebook, Abdul Aziz Jabbari mengatakan, “Saya keluar seperti biasa dari halaman rumah sebelah bersama 2 orang lainnya. Kami kemudian pindah dari satu mobil ke mobil yang lain hingga akhirnya tiba di kota Aden di wilayah selatan Yaman.”

“Sampainya saya ke kota Aden adalah bukti kemenangan rakyat Yaman dengan cara yang damai, bukan dengan senjata dan pembunuhan,” ujar Presiden Abed Rabbo seperti dikutip Abdul Aziz Jabbari.

Pasca dipaksa mengundurkan diri pada Kamis 22 Januari lalu, milisi bersenjata Syiah Houthi menerapkan tahanan rumah bagi Presiden Abed Rabbo Mansour Hadi dan PM Yaman, sebelum akhirnya berhasil melarikan diri pada akhir pekan lalu.

Setelah sampai di kota Aden, Presiden Abed Rabbo Mansour Hadi mengumumkan menarik surat pengunduran dirinya dan menyatakan akan melaksanakan tugas-tugas kepresidenan dari wilayah selatan Yaman.

Tercatat hingga kini PM Khaled Baha masih ditahan oleh milisi Syiah Houthi di ibukota Sana’a. (Rassd/Ram)