Ketika Propaganda “Topeng” Cina pada Coronavirus Wuhan Digilas Jerman

Jadi apa pengertian Rasis dan Xenophobia ini bagi Cina? Apakah tidak rasis bila Cina melakukannya, tetapi tudingan rasis bila dilakukan oleh negara lain sekedar agar Cina tak ingin dianggap bersalah dan memikul tanggung jawab atas suatu hal yang dilakukan?

Maka itu hanya karena kebodohan, ketidak tahuan atau sarat kepentingan dengan Cina lah yang bisa/pernah percaya tudingan ini.

Tudingan balik Cina yang mengatakan xenophobia dan rasis ini langsung dibalas dengan surat yang lebih keras dan blak-blakan oleh pihak Bild.

Pemimpin Redaksi Bild, Julian Reichelt, membantah penolakan atas pernyataan Cina tentang xenophobia dan rasis, dengan membuat surat terbuka langsung kepada Presiden Cina.

Surat ini berkata:

Presiden Xi Xiping yang terhormat

Kedutaan Anda di Berlin telah berbicara kepada saya melalui surat terbuka karena kami bertanya di surat kabar kami BILD apakah Cina harus membayar kerusakan ekonomi besar-besaran yang ditimbulkan oleh virus korona di seluruh dunia.

Biarkan saya merespons:

1. Anda memerintah dengan pengawasan. Anda tidak akan menjadi presiden tanpa pengawasan.

Anda memantau semuanya, setiap warga negara, tetapi Anda menolak untuk memantau pasar basah yang sakit di negara Anda.

Anda menutup setiap surat kabar dan situs web yang mengkritik aturan Anda, tetapi tidak di warung tempat sup kelelawar dijual. Anda tidak hanya memantau orang-orang Anda, Anda juga membahayakan mereka – dan bersama mereka, seluruh dunia.

2. Pengawasan adalah penolakan kebebasan. Dan bangsa yang tidak bebas, tidak kreatif.