Lindungi Sunni Irak, Erdogan Tegaskan Tentaranya Akan Ikut Dalam Pembebasan Kota Mosul

erdogan2Eramuslim – Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan bahwa negaranya tidak akan mengizinkan pembebasan kota Mosul menjadi ladang pembantaian selanjutnya warga Sunni Irak pasca dikalahkannya organisasi Negara Islam.

“Turki akan ikut mengambil peran dalam pembebasan kota Mosul. Karena kekacauan di kota ini akan menyebabkan perubahan dalam kawasan regional,” ujar Presiden Erdogan dalam pidatonya di acara peringatan peradilan pada hari Rabu (12/10) kemarin.

Presiden Erdogan menegaskan bahwa Turki tidak akan membiarkan menjadi sumber api dan genangan darah baru pasca pembebasan kota, akibat konflik Islam Sunni Irak dengan Syiah dukungan Iran.

Meskipun pemerintah Baghdad telah menyatakan keberatan atas keberadaan pasukan militer Turki di Ba’shiqah utara Irak, Wakil Perdana Menteri Turki Kortolmos Noman menyatakan bahwa pasukannya akan tetap berada di Ba’shiqah hingga pengusiran milisi Negara Islam dari kota Mosul.

Bahkan dalam sebuah wawancara yang disiarkan media Turki Wakil Perdana Menteri Turki Kortolmos Noman mengatakan bahwa tentaranya siap untuk ikut berpartisipasi dalam operasi pembebasan kota Mosul jika pasukan Peshmarga Kurdistan tidak ikut. (Skynewsarabia/Ram)