Mesir ke 161, Indonesia Ke 124 Peringkat Kebebasan Pers Di Dunia

Eramuslim – Lembaga pemerhati kebebasan pers internasional “Reporters Without Borders” baru saja merilis daftar index kebebasan media di seluruh dunia. Dan negara kita Indonesia berada di urutan di atas angka 100.

Dalam daftar tahun 2017 yang baru saja dirilis RWB pada pekan ini memperlihatkan bagaimana Indonesia berada di peringkat 124 negara dunia dalam kebebasan pers, dari 180 daftar negara yang dirilis.

Bahkan dalam daftar yang dirilis kali ini RWB menyebut Presiden Joko Widodo belum menepati janjinya untuk memberikan akses yang luas kepada media dan pers.

Pelanggaran kebebasan media yang serius, termasuk kurangnya akses media ke Papua Barat (bagian Indonesia dari pulau New Guinea), dan kekerasan terhadap wartawan lokal menjadi hal yang menyebabkan Indonesia berada diperingkat 100 ke atas.

Bagaimana dengan Mesir? Negara yang dipimpin oleh rezim junta militer berada diposisi ke 161, atau masuk dalam 20 besar negara dengan kebebasan pers terburuk di dunia. Turun dua peringkat di posisi 159 pada tahun 2016 lalu.

Berikut sumber asli index peringkat kebebasan pers negara-negara dunia menurut Reporters Without Borders:

https://rsf.org/en/indonesia