Ada 78 WNI Jadi Kru di Kapal Pesiar Terinfeksi Virus Corona

Eramuslim.com – Pemerintah Indonesia melalui Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo Jepang terus menjalin komunikasi dengan pihak otoritas Jepang terkait adanya kru kapal asal Indonesia di kapal pesiar Diamond Princess. Kapal pesiar itu dikarantina di pelabuhan Yokohama Jepang setelah ditemukan ada puluhan orang di dalam kapal terbukti terinfeksi virus Corona.

Koordinator Fungsi Penerangan dan Sosial Budaya KBRI Tokyo Eko Santoso Junor mengatakan, dari informasi yang didapat pihak otoritas Jepang ada 78 warga negara Indonesia (WNI) yang menjadi kru kapal pesiar itu.

“informasi sementara yang diperoleh KBRI Tokyo dari Kementerian Luar NegeriĀ  Jepang menyebutkan bahwa tidak ada penumpang WNI. Namun ada 78 awak (kru) kapal WNI”, kata Eko Junor.

Lebih lanjut Eko Junor menjelaskan pihak KBRI Tokyo belum memperoleh akses langsung kepada para kru kapal asal Indonesia ini. Namun otoritas Jepang memastikan semua kru asal Indonesia dalam kondisi baik sementara ini dan terjamin untuk makan dan pelayanan kesehatan di atas kapal.

“Kami tidak bisa cek langsung. Namun makan dan supply lainnya disediakan manajemen kapal di bawah pengawasan otoritas Jepang”, terang Eko Junor.