Agartha, Kota di Perut Bumi yang Disebutkan dalam Alquran

Beberapa teks Hindu Buddha menyebut ada sebuah tempat bernama Shambala yang digambarkan sebagai tempat suci tersembunyi.

Mengenai tempat tersembunyi ini, ada kisah yang berhubungan dengnan hal tersebut. Dikisahkan terdapat dua sosok yang dikenal dengan sebutan Ya’juj dan ma’juj. Mereka adalah sekelompok manusia yang digambarkan dalam Alquran maupun Injil yang bertugas menyiapkan karpet murah untuk kedatangan dajjal.

Ya’juj dan Ma’jug juga diklaim sebagai bangsa kuat, perusak, dan penindas. Karena kehadiran mereka inilah banyak korban yang meminta Dzulkarnain membuat tembok penghalang dari celah pegunungan yang bisa dilewati. Seperti yang tertera dalam Surat Al Kahf: 95-97

قَالَ مَا مَكَّنِّي فِيهِ رَبِّي خَيْرٌ فَأَعِينُونِي بِقُوَّةٍ أَجْعَلْ بَيْنَكُمْ وَبَيْنَهُمْ رَدْمًاآتُونِي زُبَرَ الْحَدِيدِ ۖ حَتَّىٰ إِذَا سَاوَىٰ بَيْنَ الصَّدَفَيْنِ قَالَ انْفُخُوا ۖ حَتَّىٰ إِذَا جَعَلَهُ نَارًا قَالَ آتُونِي أُفْرِغْ عَلَيْهِ قِطْرًافَمَا اسْطَاعُوا أَنْ يَظْهَرُوهُ وَمَا اسْتَطَاعُوا لَهُ نَقْبًا

Dzulkarnain berkata: “Apa yang telah dikuasakan oleh Tuhanku kepadaku terhadapnya adalah lebih baik, maka tolonglah aku dengan kekuatan (manusia dan alat-alat), agar aku membuatkan dinding antara kamu dan mereka,berilah aku potongan-potongan besi”. Hingga apabila besi itu telah sama rata dengan kedua (puncak) gunung itu, berkatalah Dzulkarnain: “Tiuplah (api itu)”. Hingga apabila besi itu sudah menjadi (merah seperti) api, diapun berkata: “Berilah aku tembaga (yang mendidih) agar aku kutuangkan ke atas besi panas itu”. Maka mereka tidak bisa mendakinya dan mereka tidak bisa (pula) melobanginya.

Ayat ini tentu saja memang bukan pembenaran atas teori hollow earth, namun kisah tentang Dzulkarnain setidaknya mengisahkan kepada kita bahwa ada tempat-tempat tersembunyi berisikan makhluk-makhluk mitologis yang tidak kita ketahui.

Teori Hollow Earth sendiri merupakan hasil pemikiran seorang ilmuwan bernama Edmund Halley. Ia menemukan teori saat sedang menemukan perubahan longitude magnetik dalam penelitiannya.