Anies-Sandi Luncurkan Program Takjil Gratis di 223 RW Jakarta Selama Bulan Ramadhan

Eramuslim – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kembali membuat gebrakan di awal masa kepemimpinannya. Kali ini Anies meluncurkan program takjil gratis bagi warga 223 lingkungan Rukun Warga yang masuk kawasan kumuh dan padat serta kumuh dan miskin selama bulan Ramadhan.

“Makanan untuk berbuka puasa untuk tiap RW disiapkan kurang lebih 400 porsi, dilakukan tiap hari,” ujar Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (15/05), usai penandatanganan kerja sama antara pemerintah provinsi dengan badan amal Dompet Dhuafa dan Aksi Cepat Tanggap (ACT).

Dana untuk penyediaan makanan pembuka puasa bagi warga, menurut Anies akan berasal dari pemerintah provinsi dan sumbangan masyarakat. Warga yang ingin berpartisipasi dalam program penyediaan paket takjil dan makanan untuk buka puasa bisa menyalurkan dana sumbangannya melalui ACT maupun Dompet Dhuafa.

“Warga bisa menitipkan lewat rekening khusus yang dibuat oleh Aksi Cepat Tanggap dan Dompet Dhuafa yang kemudian nanti akan disalurkan dalam bentuk paket-paket menu buka puasa untuk warga. Begitu juga dengan dana dari pemerintah,” kata Anies.

Ia menjelaskan Wali Kota akan menjadi koordinator penyediaan takjil untuk warga yang pendistribusiannya akan diurus oleh jajaran pengurus Rukun Warga dan Rukun Tetangga.

“Intinya adalah program ini dilaksanakan dengan kolaborasi dengan pemerintah dan masyarakat dengan memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi warga untuk terlibat,” kata Anies, menambahkan bahwa pemerintah provinsi akan menjadikan Ramadhan ini sebagai awal pelaksanaan kolaborasi pemerintah dengan masyarakat.