Di Bawah Jokowi, Krisis Ekonomi Ancam NKRI

Diperparah Kondisi keuangan semakin mencemaskan karena utang luar negeri sudah menumpuk, sementara utang baru sedang akan dibuat lagi. Apalagi kalau kita jadi pindah ibukota negara, sementara rencana pindah ibukota itu tidak ada di dalam rencana APBN,imbuh pembina Lembaga Pengawas Kinerja Aparatur Negara ini.

Sementara itu Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan, Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara ( APBN) pada periode April 2019 mengalami defisit sebesar Rp 101,04 triliun. Defisit ini lebih besar ketimbang periode yang sama pada tahun lalu yang hanya Rp 54,9 triliun.

“ Defisit anggaran Rp 101 triliun atau 34,1persen dari alokasi defisit tahun ini. Ini lebih dalam defisitnya dibandingkan April tahun lalu Rp 54,9 triliun,” ujar perempuan yang akrab disapa Ani ini di Jakarta, Kamis (16/5/2019).

Ani menjelaskan, defisit anggaran ini terjadi karena pendapatan negara yang stagnan. Pada April 2019 pendapatan negara mencapai Rp 530,7 triliun atau 24,51 persendari target APBN 2019.

Sementara itu, dari realisasi belanja negara, tercatat mencapai Rp 631,78 triliun atau sudah 25,67 persen dari pagu APBN 2019. Realisasi tersebut sekitar 8,38 persen lebih besar dibandingkan realisasi APBN pada periode yang sama tahun lalu sebesar Rp 582,95 triliun.

“Kita melihat pendapatan negara kita juga mengalami tekanan dan belanja negara tetap mengalami pertumbuhan yang cukup sehat, namun kalau dilihat dari pembiayaan itu masih lebih kecil,” kata mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu.
Sedangkan defisit APBN per April 2019 mencapai 0,63 persen terhadap PDB. Sementara periode yang sama di tahun 2018, defisit mencapai 0,37 persen.

“Ini masih kita bakal terus genjot pendapatan dengan penerimaan pajak, jadi biar tidak membengkak dan melebar,” ucap dia

Untuk hal tersebut di atas,maka siap siap rakyat akan menghadapi masa depan yang kelam,siap siap kita akan menghadapi krisis ekonomi yang lebih parah di tahun ’98,karena pondasi ekonomi kita benar benar kropos, pungkas wibisono. (kl/konfrontasi)