Gegara Tuai Kritikan, Film Kiblat Ditarik dari Peredaran

eramuslim.com – Sejak rilis pada Kamis, 21 Maret 2024, poster dan trailer film Kiblat menuai sorotan. Berbagai pihak mengkritik film bergenre horor itu.

Poster film Kiblat menggambarkan seseorang seperti sedang memeragakan gerakan rukuk dalam salat. Namun gerakan salat tersebut tampak tak lazim, karena tubuh orang itu membungkuk ke arah yang berlwanan.

Sementara pada trailernya, menampilkan pemeran utama bernama Ainun, yang diperankan oleh Yasmin Napperterlihat sedang bersiap untuk melakukan salat. Tapi pada saat rukuk, tiba-tiba saja tubuhnya membungkuk ke arah yang berlawan hingga ia pun berteriak kesakitan.

Film garapan sutradara Bobby Prasetyo ini menggandeng sejumlah artis ternama, mulai dari Yasmin Napper, Arbani Yasiz, hingga YouTuber Ria Ricis.

Salah satu yang menyorotinya adalah dai kondang Ustaz Hilmi Firdausi. Melalui akun @Hilmi28 di aplikasi X (twitter), Ustaz Hilmi berpandangan film tersebut sama sekali tidak mendidik.

“Dengan segala hormat kepada para produser film Indonesia, tolong hentikan membuat film horor seperti film Kiblat ini. Sama sekali tdk mendidik, bahkan membuat sebagian orang jadi takut salat…,” tulis Hilmi Firdausi dikutip Jumat (22/3/2024).

Dia juga membandingkan dengan film ‘Agak Laen’ yang dinilainya lebih bagus dan tentu saja lebih berkualitas.

“Kejadian yg sama terjadi pada sekuel film makmum, khanzab dsj. Yuk bisa buat film dgn unsur religi yg lebih berkualitas, yg agak laen biar hasilnya juga agak laen kayak film agak laen 🙂,” tandasnya.

Karena banyaknya kritik, tim produksi pada Sabru 23 Maret 2024 memutuskan untuk menarik poster dan trailer film Kiblat dari peredaran.

Penarikan poster dan trailer itu pun disambut suka cita oleh pihak yang sebelumnya mengkritik. Misalnya Ustaz Hilmi Firdausi.

“Alhamdulillah, akhirnya ditarik juga. Semoga saja filmnya pun ga jadi ditayangkan,” ujarnya.

 

(Sumber: Fajar)

Beri Komentar