Gempa Guncang Gunung Kidul Yogyakarta

 

Peta lokasi pusat gempa bumi yang mengguncang Gunung Kidul, D.I Yogyakarta, Kamis (28/3/2024) sore pukul 15:01 WIB. (ANTARA/HO-BMKG)

eramuslim.com – BMKG melaporkan gempa magnitudo 5,0 di Gunung Kidul, DIY Yogyakarta, Kamis pukul 15:01 WIB.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Daryono di Jakarta, Kamis, dikutip dari ANTARA, mengabarkan, titik koordinat gempa berada di laut pada koordinat 9,30 Lintang Selatan (LS), 110,17 Bujur Timur (BT), dengan kedalaman 10 kilometer.

Sedangkan pusat gempa berada di laut dengan jarak 153 kilometer barat daya Gunung Kidul, D.I Yogyakarta

Menurut dia, gempa tektonik tersebut adalah gempa dangkal yang disebabkan oleh adanya aktivitas subduksi lempeng. Berdasarkan analisa mekanis menunjukkan bahwa gempa bumi ini memiliki mekanisme pergerakan naik atau thurst fault.

Getaran dirasakan skala intensitas II-III (MMI) di Kulonprogo, Bantul, Pacitan, Trenggalek, dan Wonogiri. Tidak berpotensi tsunami. Tidak ada gempa susulan hingga 15:27 WIB.

Masyarakat diimbau tetap tenang, tidak terpengaruh isu tidak dapat dipertanggungjawabkan. Akses infoBMKG melalui aplikasi daring, media sosial, atau hubungi kantor BMKG terdekat. Periksa bangunan sebelum masuk rumah.  (sumber: Fajar)

Beri Komentar