Gubernur Bali Ngamuk ke Semua Pengusaha Cina di Pulau Dewata

Supaya tertarik turis dari China ke Bali, merek pilih penerbangan khusus yang biayanya mereka subsidi untuk bawa turis dari China ke Bali & biaya tiket pesawat China-Bali-China PP *disubsidi total* dari pengusaha-pengusaha China di Bali yang harganya 1/4 harga biasa.

Para turis ini di jemput oleh travel milik warga negara China ini di Bali maka bukan main senangnya para turis dari China ini terasa dinegeri sendiri tapi di Bali.

Sejak tiba di Bali dari China semua belanja di toko souvenir milik pengusaha dari China karena mulai dari bayar tiket pesawat, antar jemput, bus traveling selama berada di Bali, tempat menginap, restoran tempat makan semua diatur all in, *bayar-bayar dengan Yuan* saja tidak perlu tukar dengan *Rp* hasil keseluruhannya yang berupa Yuan disetorkan ke cabang bank-bank dari China yang di Bali.

Praktisnya tidak ada toko souvenir, resto milik orang Bali yang dimasuki turis dari China karena yang datang semua sudah di pool pemilik dari China di Bali.

Akibatnya orang Bali pemilik toko, restoran & penginapan hanya “denger saja” bahwa pengunjung turis terbesar di Bali saat ini dari China dan tidak ada uang yang ditinggal di Bali

Akibat dari kebijakan saat ini yang main buka semua lini usaha kecil/mikro buat pengusaha China daratan di Indonesia yang akibatnya adalah pengangguran di Indonesia kurang dari puluhan Lapangan pekerjaan yang antri ribuan pelamar kerja.

Akhirnya Gub Bali l Wayan Koster ambil tindakan tegas tidak perduli semua usaha milik orang China daratan di Bali punya izin ataupun gelap HARUS TUTUP TANPA KONPROMI…!!!

Sumber:


[swr]