Hapus Foto Amien-Prabowo-Habib Rizieq, Instagram Menjelma Jadi Simpatisan Penguasa

Eramuslim – Foto pertemuan Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais dengan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di Mekah dihapus secara sepihak oleh Instagram.

Foto yang diunggah di akun @amienraisofficial itu hilang dan berganti tulisan “Your Post Has Been Removed”. Instagram beralasan bahwa unggahan milik @amienraisofficial itu tidak mengikuti panduan komunitas.

Menanggapi hal itu, peneliti dari Direktur Eksekutif Local Governance Strategic Studies (LOGOSS) Gde Siriana menilai bahwa tindakan Instagram telah mencederai demokrasi. Menurutnya, penghapusan itu memberikan fakta bahwa Instagram telah menjelma menjadi simpatisan kekuasaan.

Salah satu foto yang dihapus IG

“Jika berita itu benar, maka ini mencederai demokrasi. Seperti halnya kasus Facebook dalam pemilu AS, maka IG (Instagram) sudah menjadi simpatisan bagi kelompok kekuasaan yang menjadi lawan politik seperti Prabowo Subianti, Rizieq Shihab, dan Amien Rais,” ujarnya kepada Kantor Berita Politik RMOL, Selasa (5/6).

Menurutnya, hal ini juga membuka tabir bahwa kelompok pemodal dan media massa besar selalu berupaya mengatur demokrasi Indonesia, yang tentunya bekerja melalui akses-akses kekuasaan.

Proyek pluralisme, developmentalisme, dan civil society selalu diproduksi oleh jaringan kelompok yang memiliki akses kekuasaan dan para pemilik modal dan media massa.

“Merekalah yang menentukan wacana dan teks,” terang Gde.