Pakar Ekonomi : Indonesia Krisis Pangan Karena Pemerintahannya Tidak Serius Bekerja!

Kemudian, pemerintah juga harus melakukan pemetaan daerah rawan banjir di daerah pertanian, sehingga dapat dibuat bendungan atau waduk.

“Segeralah lakukan moratorium pengalihan fungsi tanah pertanian. Juga lakukan penelitian pencetakan sawah baru dengan memperhatikan fungsi lahan untuk tanaman padi,” ujarnya.

Pangan, lanjut dia, takkan mungkin dilepaskan dari kebutuhan akan lahan atau tanah. Karena itu, lanjut Husin, kondisi tanah (Soil) untuk tanaman padi harus tersedia.

Untuk memastikan kondisi lahan, Husin menyarankan agar dilakukan pengujian ulang kondisi tanah pertanian untuk tanaman padi.

Pengujian, kata dia, bisa dilakukan dengan mempergunakan pengetahuan dan teknologi. Beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk pengujian, lanjut dia, melakukan penelitian atas kondisi kandungan hara pada tanah untuk menentukan jenis pupuk dan bibit yang cocok, tepat guna.

“Juga bisa dilakukan rehabilitasi kondisi tanah yang kritis dengan teknologi tepat guna dan penggunaan pupuk tepat guna. Sehingga kesuburan tanah dapat diperbaharui dan ditingkatkan,” ujarnya.

Sedangkan untuk penentuan masa tanam, menurut dia,  secara ilmu pengetahuan dan teknologi, disesuaikan dengan kondisi musim dan cuaca yang telah mengalami perubahan. (rmol)