Instagram Hapus 3 Foto Amien Rais Saat Bertemu Habib Rizieq dan Prabowo di Makkah

Setelah tiga postingan dihapus, Amien memposting lagi foto namun tanpa Rizieq Syihab maupun Prabowo. Kali ini hanya foto Amien saat bersama anaknya di depan Kakbah. Lalu setidaknya telah 5 jam berlalu, postingan itu masih ada.

Amien Rais mengecam penghapusan tiga postingannya di Instagram. Dia menyebut kebebasan berekspresi telah dicederai. “IG akhirnya menghapus kembali berkali-berkali secara sepihak semua foto yang kami upload, yang berkaitan dengan tokoh tertentu,” tulis Amien.

“Ini bukti bahwa kebebasan berekspresi (yang bertanggung jawab) yang menjadi salah satu agenda reformasi kembali diciderai; mengembalikan kita pada era yang represif (order baru), di tengah-tengah kebijakan-kebijakan populis yang palsu (order lama). Kita semua menantikan terang setelah zaman-zaman gelap, bukan sebaliknya! Mari,” imbuhnya disertai tagar #selamatkanindonesia.

Postingan di Instagram memang memungkingkan dihapus oleh Instagram, selain karena otoritas Instagram, juga karena banyaknya akun yang melaporkan atau meminta postingan itu untuk dihapus. (kmpr)