Dai Kamtibmas Untuk Apa?

Eramuslim – Selasa 17 Juli 2018, Kapolri Jenderal Tito Karnavian melakukan silaturahmi nasional dengan para dai keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) dari unsur Polri serta sipil. Dalam kesempatan itu, Tito juga menggandeng mereka untuk membantu mewujudkan Pemilihan Umum 2019 aman dan damai.

“Polri memiliki tugas utama menjaga ketertiban masyarakat, melindungi, mengayomi, melayani, dan menjaga NKRI dari Sabang sampai Merauke; dan para dai memiliki peran yang sangat penting dalam bernegara,” kata Tito dalam silaturahmi nasional di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan.

Dalam hal ini, jelas Tito, sosok dai memiliki peran penting dalam kehidupan bermasyarakat. Terlebih lagi, Indonesia merupakan negara dengan jumlah Muslim terbesar di dunia.

“Maka posisi Indonesia dalam percaturan Islam dunia memiliki pengaruh yang strategis,” tutur mantan Kapolda Metro Jaya tersebut.

Masyarakat Indonesia, lanjut Tito, berdasarkan pemikirannya masih menganut pada seruan tokoh, mulai tokoh politik, budaya, aktivis, hingga agama.

“Saya bisa mendapatkan secara realistis tokoh agama memiliki nomor 1 yang didengar oleh masyarakat dibanding tokoh lain,” ujar Tito.

Ia pun memiliki harapan kepada para dai kamtibmas untuk bisa mengajak masyarakat mewujudkan Pemilu 2019 aman dan damai.

“Oleh karena itu, bapak/ibu memiliki peranan sangat penting dalam menyampaikan kebenaran dan mencerdaskan masyarakat,” tuturnya. (vv)