Kecewa PAN Dukung UU Ciptaker, Ketua DPD PAN Kota Bandung Mundur dan Keluar dari Partai

Eramuslim.com – Ketua DPD Partai Amanat Nasional (PAN) Kota Bandung Ulum Syarif Usman mengundurkan diri dari jabatannya. Selain itu ia juga mencabut keanggotaannya sebagai kader PAN.

Ulum yang merupakan kader PAN sejak Tahun 1996 itu, mengaku kecewa karena DPP PAN melalui fraksi di DPR RI mendukung pengesahan Omnibus Law Cipta Kerja.

“Jadi ini lebih terkait politik DPP PAN di mana DPP lewat fraksi menyatakan mendukung RUU Omnibus Law Cipta Kerja,” kata Ulum kepada wartawan di Jalan Gatot Subroto, Kota Bandung, Rabu (7/10/2020).

Ulum mengungkapkan pihaknya sudah memberikan masukkan di internal PAN terkait RUU ini, karena dari awal sudah bermasalah. Menurutnya, meskipun dalam dialog ada apresiasi terhadap saran DPD ujung-ujungnya DPP PAN dukung Omnibus Law.

“Ini sesuatu yang aneh, karena PAN sendiri memiliki platform membangun ekonomi sesuai UUD 45, di mana negara menyediakan lapangan pekerjaan bagi warganya dan menjalankan praktek ekonomi berdasarkan kepada kualitas kemanusiaan dan nilai-nilai kekeluargaan, tetapi di dalam kaitannya Omnibus Law dominan semangat kapitalis yang diakomodir,” ungkapnya.

Ulum yang akan habis masa jabatannya pada Desember mendatang menilai, banyak perubahan dari UU Ketenagakerjaan dibandingkan dengan UU Cipta Kerja.