Kepsek Jahiliyah Sembah Foto Kartini

sungkemEramuslim.com – Kepala Sekolah SMPN 2 Sragen, Natalina DM terlihat sedang melakukan ritual aneh seperti sedang “menyembah” di hadapan gambar Kartini. Aksi itu sontak menuai kecaman. Sebuah foto memperlihatkan bagaimana seorang guru SMP di Sragen Hal itu terjadi dalam peringatan kartini di SMPN 2 Sragen. Kemudian, foto itu diupload di akun Twitter, @fahiraidris dikutip Fimadani.

Banyak netizen yang mempertanyakan kenapa Kepala Sekolah SMPN 2 Sragen, Natalina DM sampai memberi penghormatan seperti menyembah tersebut. Lontaran kecaman dari netizen itu seperti yang ditulis oleh @SitiMar098, “Realitas Indonesia. Merdeka namun suka menghambakan diri kpd benda dan makhluk. Ini jelas berlebihan Uni @fahiraidris #OpiniPagi.”

Begitupun dengan @_Handschar_ yang menyebut penghormatan seperti itu terlampau berlebihan. “LEBAY dan PAGAN.” Sementara akun @ed7corporation menulis kalau apa yang dilakukan guru tersebut tidak patut ditiru. “Salah kaprah, mau sok2an ada ritual tapi wagu.”

Inilah salah satu fakta jika masih banyak bangsa ini yang masih bodoh dan jahil dalam melakukan sesuatu. Kartini bukanlah sesuatu yang pantas dipahlawankan, beda jauh dengan perempuan-perempuan dari Aceh misalnya, seperti Laksamana Malahayati, Pocut Baren, Tjut Nyak Dien, Paduka Ratu Sri Tajul alam, dan sebagainya. Kolonialis Belanda mempahlawankan Kartini, apakah kita ikutan konyol dengan meneladani kolonialis Belanda tersebut? (rz)