Larang Pekerja dan Turis China Masuk Indonesia, Stop Juga Impor Makanannya

Menurut La Ode Ida, perlindungan terhadap nyawa warga negara Indonesia jauh lebih utama ketimbang membebaskan masuknya pekerja asal China atas nama investasi.

“Karena virus yang mematikan itu sudah terbukti bersumber dari China, dan pemerintah Indonesia memiliki kewajiban asasi untuk melindungi warganya dari bahaya kontaminasi dari virus yang kemungkinan dibawa oleh para pekerja atau para wisatawan China,” katanya.

La Ode Ida menambahkan, para pekerja asal China hampir tiap hari masuk ke Indonesia, khususnya ke Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Tengah. Ombudsman RI pada 2018 sudah melakukan investigasi ke sejumlah daerah dan menemukan fakta bahwa mereka umumnya pekerja di smelter-smelter PMA asal China.

 

Mencurigai

Terpisah, Ketua Umum Barisan Relawan Nusantara (Baranusa), Adi Kurniawan meragukan jika virus Corona adalah benar keberadaannya. Oleh karena itu Adi curiga jika isu virus Corona bisa jadi sengaja dibuat untuk mengalihkan berbagai isu yang terjadi di negeri ini.  Seperti kasus korupsi Jiwasraya, Asabri, OTT Komisioner KPU Wahyu Setiawan yang diduga melibatkan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto.

“Selain itu bisa saja isu virus Corona untuk pengalihan isu pencabutan subsidi di beberapa sektor, kenaikan harga dan masalah ekonomi yang kian makin mengkhawatirkan,” jelasnya.

 

Penerbangan

Anggota DPD RI Fahira Idris Fahira Idris menyarankan agar Pemerintah tidak hanya menutup penerbangan dari dan menuju Wuhan, tetapi juga untuk sementara ini menutup semua penerbangan dari dan menuju semua wilayah China. Karena selain Wuhan, beberapa kota lain di China juga sudah diisolasi akibat pesatnya penyebaran virus Corona. Bahkan hingga saat ini sudah ada 13 negara yang mengonfirmasi adanya temuan kasus virus Corona.

“Baiknya untuk sementara Pemerintah segara menutup penerbangan dari dan menuju seluruh wilayah China, tidak hanya yang dari dan menuju Wuhan, sampai penyebaran virus ini benar-benar bisa ditangani,” ujar Fahira Idris di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (27/1/2020).

Untuk itu, lanjut Fahira, dirinya berharap Presiden Jokowi segera memerintah kementerian terkait (Kementerian Perhubungan, Kementerian Luar Negeri, Kementerian Kesehatan) dan lembaga terkaitnya segera berkoordinasi untuk segera mengeluarkan kebijakan menutup sementara semua penerbangan dari dan menuju seluruh wilayah China.

 

Stop Impor

Wakil Ketua MPR Ahmad Muzani meminta pemerintah segera menerbitkan travel warning ke Wuhan, China di mana virus 2019-nCov itu berasal. Serta, mengusulkan agar impor produk makanan China dihentikan sementara waktu.

Koordinator Perhimpunan Masyarakat Madani (Prima) Sya’roni mengatakan, pemerintah Indonesia tidak boleh menganggap enteng adanya penyebaran virus Corona yang berasal dari Wuhan, China. Tidak heran saat ini Pemda Sumbar juga sudah dibuat resah dengan kedatangan sejumlah turis asal China. Oleh karena itu tindakan tegas harus dilakukan agar tidak membuat resah atas penyebaran virus Corona.

“Bila perlu segera stop penerbangan dari dan ke China. Tindakan preventif lebih baik daripada harus bergulat dengan pengobatan,” ujar Sya’roni kepada Harian Terbit, Senin (27/1/2020).

Sebagai informasi, saat ini virus corona yang diduga kuat berasal dari Wuhan, China tengah menjadi perhatian masyarakat internasional. Virus dengan karakteristik mirip SARS dan memiliki risiko kematian ini telah menyebar ke berbagai negara.

Indonesia sendiri, melalui Kementerian Perhubungan telah menutup semua penerbangan dari dan menuju Wuhan. Di China sendiri, saat ini Pemerintah China telah menutup akses dari dan ke 13 kota yang dihuni sekitar 41 juta orang secara total pada Jumat (24/1/2020). [ht]