Kemarin Luhut Bersama JK Terbang ke RRC

Selain KTT itu, JK akan melakukan kunjungan ke Presiden RRT dan makan siang bersama Wakil Presiden RRT.

“Dalam kunjungan ke negeri Tirai Bambu yang dimulai dari tanggal 24 hingga 28 April ini, Wapres juga akan singgah ke Masjid Dongzhimen, untuk melakukan salat Jumat,” kata juru bicara Wapres, Husain Abdullah.

Penolakan Halus Prabowo

Sebelumnya, Prabowo Subianto menolak secara halus ajakan pertemuan dengan Luhut, Minggu (21/4/2019). Prabowo beralasan sedang kurang sehat sehingga belum siap bertemu dengan kubu rivalnya.

Prabowo hanya menggelar pertemuan dengan elite Badan Pemenangan Nasional (BPN) dan sejumlah tokoh di kediamannya, Jalan Kertanegara, Jakarta, Selasa malam (23/4/2019). Sejumlah purnawirawan dan pengusaha hadir. Termasuk sejumlah ulama.

Pertemuan disebut-sebut membicarakan masalah kebhinekaan dan masih menyikapi beberapa permasalahan pascaPemilu 17 April 2019 kemarin. Terutama, mengenai kecurangan-kecurangan yang bersifat terstruktur, sistematis, masif, dan bahkan dianggap brutal.

Dalam pertemuan itu, Prabowo menegaskan, untuk maju terus dan tidak akan mundur sampai menunggu hasil pemilu resmi keluar. Ia hingga kini masih yakin bahwa dia bersama Sandiaga Uno menang dalam Pemilihan Presiden berdasarkan data-data yang dia miliki.

Meski menutup rapat ruang negosiasi antara kedua kubu, tetapi Prabowo menyampaikan bahwa komunikasi akan sangat terbuka. Meski, tidak saat ini.

Juru bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga Uno, Andre Rosiade menyampaikan, pertemuan antara kedua kubu, tentu akan dilakukan bila semua proses penghitungan suara telah selesai.

“Setelah proses selesai, Pak Jokowi dan Pak Prabowo sebagai sahabat pasti akan bertemu, tetapi nanti setelah proses selesai, rekap selesai, proses selesai, baru kita bertemu sebagai anak bangsa, sebagai sahabat,” katanya. [ry]