Mahfud Curiga Kasus-Kasus Penyerangan Ulama Diorganisir Orang yang Sama

“Memang kondisi boleh menyatakan gila, sehingga tak bisa diteruskan. Tetapi boleh juga tetap diteruskan dan diserahkan pada hakim,” kata Mahfud.

Terkait kasus penyerangan dan penusukan yang menimpa Syekh Ali Jaber, Mahfud memastikan tak akan menunda atau menghentikan kasus tersebut.

“Kali ini kita serahkan pada hakim, kita teruskan ke pengadilan,” kata Mahfud.

Mahfud sebelumnya juga telah meminta aparat keamanan Lampung membongkar jaringan dan motif pelaku penusukan terhadap Syekh Ali Jaber. Dia menyebut tak menutup kemungkinan ada jaringan berdiri di belakang pelaku.

Catatan CNNIndonesia.com sejak 2018, sedikitnya ada lima kasus penyerangan dan penusukan terhadap ulama dan ustaz di Indonesia.

Di antaranya penganiayaan terhadap Imam Masjid At Tuqo, Kecamatan Kangkung, Kendal, Jawa Tengah, H Ahmad Zaenuri, pada Maret 2018. Kemudian penusukan terhadap Ustaz Abdul Rahman (53) saat sedang menjadi imam salat subuh berjemaah di Masjid Darul Muttaqin, Sawangan, Depok.

Lalu, pada April 2018, imam masjid di Sidoarjo, Jawa Timur bernama Tajuddin ditusuk saat sedang mengimami salat maghrib.

Para pelaku dalam sejumlah kasus dinyatakan mengalami gangguan jiwa. Sebagian lain tuntas dengan kesimpulan kasus kriminal murni. (*)