Muslim Arbi: Blunder, Penista Agama Dukung Jokowi

Eramuslim.com – Dukungan terpidana penistaan agama Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) pada Joko Widodo justru bisa menjadi blunder yang merugikan Jokowi. Di mana, opini yang berkembang, Jokowi didukung penista agama.

Pendapat itu disampaikan pengamat politik Muslim Arbi kepada intelijen (26/07). “Ahok mendukung Jokowi, itu blunder dan merugikan Jokowi. Opini yang berkembang Jokowi didukung penista agama,” kata Muslim Arbi.

Menurut Muslim Arbi, calon pemimpin daerah yang didukung Ahok kalah di Pilkada 2018. “Pilkada Jatim dan Sumut, yang juga didukung Ahok, kalah,” papar Muslim.

Muslim mengingatkan, selama ini Jokowi sudah berusaha menjadi Muslim yang taat dan dekat dekat ulama. “Namun dengan dukungan dari Ahok, kedekatan Jokowi dengan ulama maupun kalangan santri akan sia-sia,” papar Muslim.

Tak hanya itu, Muslim mengingatkan, persepsi bahwa Jokowi mendukung Ahok tidak pernah dilupakan oleh publik. “Ketika umat menggalang Aksi Bela Islam 212 demi penuntasan kasus penistaan agama, penguasa dinilai publik telah melindungi Ahok. Salah satunya dengan mencegah umat ikut Aksi 212. Itu melalui selebaran yang dijatuhkan dari helikopter untuk tidak ikut Aksi 212. Bahkan, Bareskrim terkesan lambat menyikapi kasus Ahok,” papar Muslim.

Secara khusus, Muslim Arbi juga mengingatkan posisi Imam Besar FPI Habib Rizieq Shihab, yang selama ini menjadi sasaran hujatan buzzer pendukung Jokowi. “Buzzer Jokowi selalu menyudutkan Habib Rizieq dan tokoh Islam pengkritik penguasa. Fakta politik pendukung Habib Rizieq banyak dan bisa menentukan arah politik di Pilpres 2019,” pungkas Muslim Arbi.

Diberitakan sebelumnya, Ahok menyampaikan dukungannya pada Jokowi di Pilpres 2019. Ahok menyampaikan dukungan tersebut lewat secarik kertas yang ditulis tangan berbunyi “Terus Berjuang untuk Pak Jokowi 2 Periode”.

Kertas yang dibubuhi tanda tangan Ahok pada 24 Juli 2018 tersebut kini viral di media sosial (medsos) (ll/itoday)