Mutasi Covid-19 Inggris Masuk RI, Wamenkes: Kita Tak Tahu Kapan Berakhir

eramuslim.com – Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono menyatakan penanganan pandemi Covid 19 akan semakin berat karena mutasi virus strain B117 dari Inggris sudah masuk ke Indonesia. B117 masuk ke tanah air tepat satu tahun peringatan pandemi Covid-19 pada 2 Maret 2021.Dante mengatakan temuan strain baru ini harus menjadi perhatian besar para ilmuwan bersama Kemenristek/BRIN dan Kemenkes untuk bersiap mengembangkan metode penanganan terhadap mutasi virus ini.

“Tantangan baru lebih kembangkan proses-proses yang berkaitan dengan riset, model penanganan lebih baru dan studi epidemiologis secara analitik karena proses mutasi ini sudah ada di sekitar kita,” kata Dante dalam Peringatan 1 Tahun COVID-19 Indonesia disiarkan Kemenristek/BRIN, Selasa (2/3/2021).

Mutasi Covid-19 Inggris Masuk RI, Wamenkes: Kita Tak Tahu Kapan Berakhir

Dia menegaskan, pandemi ini tidak bisa diprediksi kapan akan berakhir, namun bisa dikendalikan dengan metode-metode saintifik.

“Yang ingin saya sampaikan kita tidak tahu sampai kapan proses ini berjalan, ini salah satu proses yang terjadi dalam kehidupan sejarah manusia. Apakah kita akan berjalan pada situasi kehidupan seperti ini kita tidak tahu,” ucapnya.

Sebelumnya, Dante mengumumkan bahwa virus virus strain B117 dari Inggris sudah masuk ke Indonesia dengan ditemukannya dua kasus pada 2 Maret 2021, tepat pada peringatan satu tahun pandemi.

“Kalau satu tahun lalu kita menemukan kasus 01 dan 02 covid-19, tadi malam saya mendapatkan informasi bahwa dalam tepat satu tahun hari ini kita menemukan mutasi B117 UK mutation di indonesia, ini fresh from the oven, baru tadi malam ditemukan 2 kasus,” ucap Dante.

Selama satu tahun pandemi Covid-19 tercatat sudah ada 1.341.314 orang Indonesia yang terinfeksi, 153.074 masih dalam perawatan, 1.151.915 orang sembuh, dan 36.325 jiwa meninggal dunia. [Suara.com]