Negara Lain Dihajar Virus Petya, Indonesia Tertolong Lebaran

Eramuslim.com – Momen hari raya Idul Fitri 1438 Hijriah dinilai mampu meredam serangan virus Ransomware ‘Petya’. Pasalnya seluruh institusi pemerintah maupun swasta sedang melaksanakan cuti lebaran.

Menteri Komunikasi dan Informasi Rudiantara menjelaskan, serangan virus tersebut kebanyakan menyasar negara-negara Eropa Timur seperti Ukraina dan negara Asia Selatan yang tidak secara keseluruhan merayakan Idul Fitri.

Indonesia dinilainya beruntung tidak terserang secara langsung virus tersebut.

“Alhamdulillah, Indonesia lebaran. Disana nggak ada lebaran, orang tidak merayakan lebaran, tidak ada mudik tidak ada libur panjang. Begitu terpapar dihajar kantornya, sementara kita masuk hari Senin,” tuturnya.

Lebih lanjut, Rudi menjelaskan meski instansi pemerintah masih cuti lebaran, Kominfo telah memantau ancaman perkembangan virus ‘Petya’ ke Indonesia sejak Rabu (28/6) lalu. Kominfo, sambung Rudi juga telah memberikan informasi langkah-langkah untuk meminimalisir virus malware tersebut.

“Kita sosialisasi kepada masyarakat siapapun di Indonesia untuk membiasakan dan mendisiplinkan empat hal, pertama backup semua data, kedua rajin update anti virus terbaru, ketiga gunakan operasional system original dan terakhir gunakan email yang sering digunakan seperti Google dan Yahoo serta mengganti kata sandi di email secara periodik,” papar Rudi.(kl/rmol)