Netizen: Ahok Salah Hitung Soal Biaya Reklamasi di Rotterdam

a hok cinaEramuslim.com – Pernyataan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) yang menyebutkan proyek reklamasi pulau di Rotterdam hanya menghabiskan dana Rp 3,5 triliun dalam waktu 5 tahun ditentang netizen. Akun atas nama Tiyo mengomentari laman catatan pribadi Ahok soal perjalanannya di Rotterdam, Belanda di www.Ahok.org hari ini, Kamis (24/9). ‎ Menurutnya, Ahok salah mengkonversikan nilai euro bila dibawa ke Indonesia.

“Salah konversi tuh, harusnya Rp16,35 T/5 tahun atau Rp3,2 T/ tahun,” komentar Tiyo di situs tersebut, Kamis (24/9) seperti dilansir Kantor Berita RMOL.

Sebagaimana diketahui, Ahok mengaku sangat kaget saat mengetahui biaya pembangunan proyek reklamasi di Rotterdam hanya 1 miliar dolar euro saja selama 5 tahun. Ahok menkonversikan angka 1 miliar dolar euro tersebut hanya senilai Rp3,5 triliun saja selama 5 tahun. Basuki terkejut melihat mereka dalam 5 tahun hanya menghabiskan 1 milyar dolar euro saja, artinya kira-kira setara denga Rp 3,5 T saja,” tulis Ahok dalam catatan perjalanannya di Ahok.org yang diunduh hari ini yang ternyata salah hitung.

Ahok juga membandingkan biaya reklamasi Rotterdam dengan dana siluman yang ia klaim muncul dalam APBD DKI 2015. ‎ “Bandingkan dengan siluman APBD 2015 yang Rp12,1 T,” tulisnya lagi.

Untuk diketahui, saat ini nilai tukar Euro ke Rupiah saat ini Rp16.341 rupiah. Angka tersebut seperti dilansir di ‎http://kurs.dollar.web.id/.(rd/RMOL)