Padamnya Cahaya Matahari dari Perspektif Alquran dan Sains

Ayat-ayat tersebut memberi gambaran bagaimana kondisi padamnya cahaya matahari dan itu juga menjadi gerbang dari hari kiamat. Ketentuan batas waktu tersebut merupakan suatu bentuk kekuasaan Allah terhadap keduanya.

Sementara itu, ilmu pengetahuan coba menjawab bagaimana peran matahari di bumi ini dan apa dampak yang bakal terjadi jika sinar matahari padam.

Dalam buku berjudul “Sains dalam Alquran: Mengerti Mukjizat Ilmiah Firman Allah” karya Dr Nadiah Thayyarah, dijelaskan di sana, matahari menghasilkan daya gravitasi yang sangat kuat terhadap unsur-unsur penyusunnya sehingga unsur-unsur itu tertarik ke pusat.

Hal ini menimbulkan tekanan hebat di dalam tubuh matahari. Tekanan itu setara dengan 400 miliar kali tekanan udara yang ada di permukaan bumi. Tekanan yang meningkat kuat itu menyebabkan panas inti meningkat drastis hingga 15 juta derajat Celsius. Suhu yang sangat panas ini membantu memudahkan proses pemanasan yang terjadi di perut matahari. Fusi nuklir itu kemudian menghasilkan energi matahari yang kemudian dipancarkan ke bumi.

Energi yang dilepaskan matahari setiap detiknya sekitar 500 x 1021 tenaga kuda. Dari energi sebesar itu, yang sampai di bumi hanya 0,1 persennya saja. Tanpa adanya energi matahari tersebut, tidak mungkin ada kehidupan di permukaan bumi. Sebab, energi tersebut diperlukan oleh manusia, hewan, dan tumbuh-tumbuhan. Selain itu, energi tersebut juga penting untuk dipertimbangkan gerakkan awan, turun hujan, salju, petir, dan kilat; membahas gelombang laut melalui topan; dan memunculkan feno pasang surut air laut dan samudra.

Matahari senantiasa mengatur keseimbangan antara daya gravitasi

yang menarik unsur-unsur penyusunnya ke pusat dan daya dorong ke luar yang menghasilkan lidah api yang sempurna bagai menghasilkan dari hasil panas di pusat matahari.

Matahari senantiasa mengaktifkan eksistensinya sebagai pijar gas yang bisa diaktifkan dengan sendirinya. Jika terjadi suatu perubahan pada ukuran matahari, niscaya matahari sudah meledak. Hal ini semakin mengesankan adanya keseimbangan yang sangat sempurna yang diciptakan oleh Allah untuk matahari.

Bagaimana menurut sains modern?