Pak Anies, Siap Bertarung di Pilpres 2019 ?

Eramuslim – Nama Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, kerap disebut sebagai capres maupun cawapres yang mungkin bertarung di Pilpres 2019. Lantas, bagaimana sikap mantan Mendikbud ini? Apakah akan tetap memimpin Jakarta atau sudah siap bertarung di Pilpres?

“Memangnya ada yang mencalonkan?” ucap Anies saat ditanya wartawan apakah akan tetap memilih memimpin Jakarta atau akan ikut bertarung di pilpres 2019, Senin (6/8).

Hal tersebut dikatakan Anies di sela-sela menghadiri acara Pelatihan Pembelajar Sukses Mahasiswa Baru (PPSMB) Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta.

Anies menyatakan hingga kini namanya belum dicalonkan sebagai capres-cawapres oleh parpol manapun. Oleh karenanya, dia tidak ingin menanggapi munculnya namanya di bursa capres-cawapres.

“Nanti kalau sudah dicalonkan (sebagai capres maupun cawapres) baru saya menjawab. Lha sekarang belum,” ungkapnya.

Menurutnya, urusan pilpres 2019 merupakan urusan parpol koalisi. Dia mengaku tidak memiliki kewenangan lebih jauh untuk berbicara terkait pilpres.

“Semuanya diproses oleh partai politik. Kalau pertanyaan terkait Jakarta, saya jawab. Tapi kalau terkait capres saya tidak bisa jawab, karena memang bukan otoritas saya,” ujarnya.

“Saya bukan anggota partai politik, dan tidak terlibat di dalam proses. Jadi semuanya (pencalonan capres dan cawapres) ada pada pimpinan partai,” pungkas dia. (dtk)