free hit counters
 

Pesan KH Ali Yafie ke UAS: Tertawalah, Kalau Masih Bisa Tertawa, Berarti Masih Lama Hidup

Redaksi – Senin, 10 Zulqa'dah 1442 H / 21 Juni 2021 15:15 WIB

Eramuslim.com — Dai kondang Ustaz Abdul Somad (UAS) menyimpan kesan positif dan mendalam kepada ulama karismatik NU KH Ali Yafie. UAS senang akhirnya bisa bersua dengan panutannya itu.

Banyak nasehat yang ia dapatkan saat bertandang ke kediaman ulama fiqh dan mantan Ketua Majelis Ulama Indonesia itu. Salah satunya prihal kehidupan yang sarar makna.

“Dulu, puluhan tahun silam, saya selalu melihat beliau di televisi. Saya salut dengan keteguhannya. Hari ini kami bersua. “Gurutta, beri kami nasihat”.

Gurutta menjawab, “Tertawalah. Kalau masih bisa tertawa, berarti masih lama hidup”, jawab Gurutta sambil tertawa.

“Tapi jangan ketawa sendirian”, sambung Gurutta sambil terus tertawa lepas,” tulis Ustaz Abdul Somad di akun Instagram-nya @ustadzabdulsomad_official, dikutip pada Senin (21/6/2021).

Menurut UAS, Gurutta KH Ali Yafie sepanjang pertemuan tersebut sangat berbahagia dan tertawa lepas. Kedatangannya pun disambut dengan hangat olehnya.

Gurutta sudah berusia 96 tahun, tapi masih melahap lima buku sehari. Gurutta lalu berpesan “Membacalah. Karena syariat pertama itu bukan shalat, tapi membaca, “Iqra’!”.



Dan di akhirat, perintah juga membaca, “Iqra’ kitabaka. Baca apa saja. Tapi jangan ambil semua”.

“Apa zikir supaya kuat ingatan Gurutta?”. Beliau menjawab, “Banyak-banyak baca alam nasyrah (surah al-Insyirah)”. Beliau KH. Ali Yafie. Diantara ulama tua yang masih hidup di masa ini,” beber UAS.

UAS mengakui jika dirinya sedang mengunjungi suatu daerah, ia akan menyempatkan diri silaturahmi ke orang tua sepuh atau ziarahi kubur orang shaleh.

“Kalau pergi ke suatu daerah, biasakan silaturrahim ke orang-orang tua. Untuk men-charge ruh. Ziarah ke kubur orang-orang shaleh,” tutupnya. [Fajar]

Berita Nasional Terbaru