PHK Sudah Mulai Rambah Sektor Perbankan Nasional

bankEramulsim.com – Kegagalan roket ekonomi Jokowi, yang bukannya naik ke atas tapi malah nyungsep ke bawah, membuat banyak pengusaha mengambil jalan aman untuk mempertahankan bisnisnya. Di sektor perbankan, sebuah sektor yang paling sensitif, sekarang pun sudah mulai ada PHK, walau belum dilakukan secara masif dan terang-terangan.

Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Muliaman D Hadad mengakui telah menerima daftar bank-bank yang sudah melakukan PHK. Menurutnya, laporan tersebut merupakan langkah wajib ketika bank-bank melakukan PHK.

‪”Tentu saja dilaporkan pada kita, tentu saja. Kita dilaporkan demikian (ada PHK maupun merumahkan karyawan),” ujarnya di Jakarta, Selasa (22/9).‬

Sayangnya, dia enggan memaparkan secara terperinci bank apa saja yang sudah melakukan PHK. Oleh karena itu, dia juga mengaku belum bisa memaparkan jumlah karyawan yang telah di PHK.

‪”Belum ada angka keseluruhan yang diinfokan dari langkah (PHK) itu. Kita berharap untuk yang merumahkan karyawan bisa kembali lagi (kerja) ketika ekonomi pulih,” pungkasnya.

Sikap OJK yang menutup diri membeberkan bank mana saja ini diambil dengan pertimbangan menjaga kepercayaan publik. Jika sektor perbankan sudah tidak lagi dipercayai publik maka krisis multidimensi pasti terjadi. (ts)