Presdir HITS: Tol Laut Jokowi Cuma Bungkus Gak Ada Isinya

tol laut jokowi jugaEramuslim.com – Presiden Direktur PT Humpuss Intermoda Transportasi Tbk (HITS) Theo Lekatompessy menilai, proyek tol laut Presiden Joko Widodo (Jokowi) hanya sekadar bungkus, belum ada isi yang signifikan.
Menurutnya, belum ada proyek nyata dari proses pembangunan tol laut dari Sabang sampai Merauke tersebut, misalnya penambahan pelabuhan yang besar.
“Tol laut bungkusnya bagus tapi proyeknya tidak ada, yang pasti tol laut jalan seberapa tergantung pelabuhan besar, jadi terus terang bungkus saja,” ujarnya di Jakarta, Rabu (16/12/2015).
Menurutnya, perusahaan yang bergerak di bidang transportasi kapal laut pengangkut barang seperti Humpuss membutuhkan banyak pelabuhan agar bisa menunjang kinerja.
“Bukan urusan saya akan ada tambahan berapa pelabuhan tapi pelabuhan terpelihara, saya pakai, pelabuhan besar butuh kapal masuk-keluar,” kata Theo.
Selain itu, dengan akan bergulirnya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) tahun depan membuat kapal asing masuk lebih banyak lagi.
“Dengan MEA akan banyak kapal asing masuk yang berukuran besar. Kita kalah tapi tetap butuh kapal tunda dan kapal kecil untuk menarik kapal besar ke pelabuhan,” tuturnya.
Dia menambahkan, industri komoditas dalam negeri saat ini masih belum siap menghadapi kompetisi perdagangan seperti MEA, sehingga masih banyak impor dan kapal asing yang menguasai. “Industri tidak bagus masih banyak impor, kapal pandu butuh lebih banyak,” pungkas Theo. (ts/sindonews)