Reklamasi: Izin Gak Jelas Tapi Sudah Dibangun dan Dipasarkan ke Luar Negeri

Eramuslim.com -Mantan Ketua Tim Sinkronisasi Anies-Sandi, Sudirman Said menyebut proyek reklamasi Teluk Jakarta sebagai proyek ‘ajaib’, lantaran dapat terus berjalan dengan tanpa izin yang jelas.

“Itu pulau-pulau reklamasi dibangun oleh pengembang. Lebih ajaib lagi izin enggak ada, (tapi) sudah dibangun dan dipasarkan ke luar negeri, kurang serakah apalagi negara ini,” ujar Sudirman dalam Seminar ‘Stop Reklamasi Teluk Jakarta’ yang digelar di Ruang KK I, Gedung Nusantara, DPR, Jakarta, Kamis (2/11/2017).

Proyek reklamasi tersebut, menurut mantan Menteri ESDM ini, akan mengusir keberadaan orang Indonesia secara perlahan, berawal dari membuat berbagai pulau di Teluk Jakarta.

“Asing secara perlahan akan menguasai bangsa Indonesia, menjajah bangsa ini. Bagaimana pun sekarang ini sudah terjadi kita bisa saksikan di televisi soal wartawan yang ingin meliput di Teluk Jakarta, namun dihadang oleh beberapa orang yang justru mereka adalah orang asing bukan orang Indonesia, ini kan penjajahan namanya,” ungkap Sudirman.

Karenanya, Sudirman menegaskan, proyek reklamasi Teluk Jakarta hanya menguntungkan investor Cina.

“Reklamasi sebetulnya hanya dimiliki oleh Cina, dimiliki oleh para pengembang dari Cina. Reklamasi yang ada saat ini mencerminkan bentuk keserakahan segelintir orang. Tugas negara seharusnya tidak mementingkan kepentingan asing,“ kata dia. (kl/so)