RRC Tidak Takut Dengan Jokowi ke Natuna

Dinna meminta pemerintah Indonesia tidak memandang China seperti dua tahun silam, yakni saat China dan ASEAN sepakati kerangka kode etik Laut China Selatan. Saat itu memang Indonesia dan ASEAN berharap China memenuhi janjinya paling lambat tiga tahun terhadap kesepakatan itu.

“Sekarang sudah tahun berapa, hampir selesai tuh laps waktunya. Dan dengan secara fisik mereka melakukan itu terbukti niat baiknya tidak ada,” tukas dia.

“Jadi itu harus secara tegas bisa kita sampaikan sebenarnya. Tidak perlu muter-muter gitu ya kalau kenyataannya dia tidak menyepakati yang dia tunjukkan dalam forum ASEAN,” Dinna melanjutkan.

Tindakan China masuk ke ZEE Indonesia, disebut Dinna adalah untuk menguji kesetiaan negara kawasan ASEAN, khususnya Indonesia. Sebab Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki kerjasama di bidang infrastruktur dengan China.

Untuk itu Dinna meminta seluruh elemen terkait kompak dalam menyikapi situasi di Natuna. Sebab, selama ini belum ada kekompakan antar pihak.

“Indonesia ini tidak satu suara menghadapi China. Ada menteri-menteri yang melihat masalah ini sebagai masalah ikan saja, masalah kecil yang solusinya tidak besar,” jelasnya.

“Padahal bukan, karena ini sudah terjadi setiap tahun,” tutup Dinna. (*glr)