Selain Lahan Sawah 1 Juta Hektar, Luhut Juga Gaet China untuk Kelola Laut

eramuslim.com – Nama Menteri Koordinator Maritim dan Investasi (Menkomarves) Luhut Binsar Pandjaitan beberapa hari terakhir jadi sorotan publik. Penyebabnya karena 1 juta hektare lahan akan disiapkan kepada investor China untuk pengembangan pertanian.

Ternyata, selain lahan pertanian, Luhut juga dikabarkan menggandeng China untuk mengincar potensi laut. Kabar itu disampaikan pegiat media sosial bercentang biru, @5teV3n_Pe9eL di aplikasi X.

“Bukan hanya kerja sama pertanian Luhut berencana gandeng Cina untuk incar potensi laut. Mantap Lord👏👏,” tulis akun tersebut sembari membagikan video berita terkait isu tersebut.

Dilansir dari Antara Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan kolaborasi eksplorasi laut dalam Indonesia dan China di Palung Jawa dapat menjadi katalis untuk mengungkap potensi tersembunyi dari dasar laut Indonesia.

“Sehingga sangat penting untuk dilaksanakan. Mungkin nantinya kita bisa menemukan jenis material baru untuk pengobatan, atau bahkan biota baru,” kata Luhut saat membuka China-Indonesia Joint Dive Expedition to Java Trench di Jakarta, akhir Maret lalu.

Luhut mengatakan kerja sama eksplorasi antara Indonesia dan China ini menjadi momen bersejarah karena dapat menjelajahi wilayah Tanah Air yang paling dalam.

“Sebelumnya kita tidak memiliki fasilitas untuk melakukannya sehingga kita sangat beruntung dengan adanya kolaborasi ini,” kata dia.

Ia menjelaskan bahwa 75 persen wilayah Indonesia terdiri dari laut, namun hanya 19 persen dari wilayah tersebut yang telah dipetakan, dan hanya sebagian kecil yang telah dieksplorasi.

“Sebanyak 62 persen penduduk Indonesia tinggal di wilayah pesisir dan sebagian besar termasuk dalam kategori miskin. Oleh karena itu, kami berupaya keras untuk mengembangkan Usaha Kecil dan Menengah di wilayah tersebut, salah satunya melalui pengembangan rumput laut,” kata Luhut.

Menurut Luhut, Indonesia memiliki kekayaan potensi laut dalam. Ia mencontohkan Laut Banda, memiliki kedalaman hingga 7.440 meter atau hampir setinggi gunung tertinggi di dunia yakni Gunung Everest. Sementara itu, Palung Jawa memiliki kedalaman hingga 7.140 meter.

“Kita harus mampu membangun kolaborasi yang solid. Jika kita tidak melakukannya, tidak menutup kemungkinan pihak lain akan melakukannya dan kita tidak akan mendapatkan apapun. Kolaborasi ini akan memberikan manfaat bagi kedua negara, dan tanpa melakukannya kita akan semakin tertinggal,” ujar dia.

Luhut juga menyoroti adanya temuan plastik di wilayah laut dalam yang menjadi kekhawatiran bersama karena partikel plastik yang dikonsumsi ikan dapat di makan oleh manusia dapat berdampak negatif di masa depan, khususnya bagi ibu hamil dan perkembangan anak.

 

 

 

Beri Komentar