Solo Jadi Pusat Perdagangan Daging Anjing, 13.000 Anjing Dibantai Tiap Bulan

Salah satu pemerintah daerah yang akhirnya merespon positif desakan aktivis DGMI adalah Bupati Karanganyar, Jawa Tengah, Drs.Juliyatmono yang berjanji dalam waktu dekat akan menutup 21 warung makan daging anjing diwilayahnya.

“Dalam rangka mencegah berbagai penyakit yang disebabkan oleh daging anjing maka kami akan segera menindaklanjuti dengan menutup semua warung guguk atau warung daging anjing di Karang anyar. ” kata Bupati Karanganyar, Juliyatmono dalam video yang diunggah di akun medsos DGMI.

Suasana pasar ekstrim di Tomohon dimana pengunjung bisa membeli daging ular, tikus, kucing dan anjing.

Diperkirakan sekitar 30 juta anjing dibunuh untuk dikonsumsi dagingnya oleh manusia setiap tahunnya di seluruh Asia. Dimana lebih dari 1 juta ekor diantaranya mati dibunuh di Indonesia setiap tahunnya.

Kampanye penghentian praktek perdagangan, pembantaian, dan konsumsi daging anjing di seluruh Indonesia oleh koalisi DGMI telah dimulai sejak 2017 lalu.

Ditandai dengan diluncurkannya petisi global pasca terungkapnya praktek kekejaman perlakuan terhadap anjing yang dijajakan di pasar Tomohon, Sulawesi Utara dari hasil investigasi aktivis DGMI.

Hingga kini, petisi tersebut sudah ditandatangani oleh lebih dari satu juta orang di seluruh dunia dan lebih dari 90 selebriti global, termasuk Simon Cowell, Cameron Diaz, Ellen DeGeneres dan Pierce Brosnan, ikut menyerukan tindakan segera atas praktek perdagangan dan konsumsi daging anjing di Indonesia. [jn]