Tanggapi Pemberitaan Media India soal “Punya Akses”, Yusril Minta Pemerintah Beri Penjelasan

Eramuslim.com – Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra menanggapi pemberitaan terkait kerjasama antara Indonesia dan India yang ditayangkan media India.

Seperti dilansir dari Times of India, Jumat (1/6/2018), India dan Indonesia telah sepakat untuk meningkatkan hubungan mereka dengan kemitraan strategis yang komprehensif.

Hal itu ditunjukkan dengan 15 perjanjian kerjasama yang telah ditandatangani Presiden Joko Widodo dan Perdana Menteri India, Shri Narendra Modi pada Rabu (30/5/2018).

Kedua pemimpin tersebut juga menyoroti bidang-bidang kerjasama potensial dalam bidang kelautan, ekonomi, dan sosial budaya serta membahas isu-isu regional dan global.

“Yang disoroti dari kunjungan ke Indonesia, secara strategis, adalah militer India punya akses ke pelabuhan Sabang di negara Indonesia. Itu menambah pertumbuhan di sektor angkatan laut,” kata Modi.

Untuk diketahui, posisi Sabang yang berada di mulut Selat Malaka dinilai India sangat penting.

Pasalnya, Selat Malaka adalah jalur pelayaran utama antara Samudra Hindia dan Samudera Pasifik, tapi juga termasuk rute laut tersibuk.

Menanggapi pemberitaan tersebut, Yusril memberikan komentarnya melalui akun Twitternya, @Yusrilihza_Mhd, yang diunggah pada Senin (4/6/2018).

Yusril menyebut pemerintah harus memberikan penjelasan terkait pemberitaan yang dimuat media asing tersebut.

Termasuk penjelasan istilah, hingga manfaat timbal baliknya bagi Indonesia.