Tim Mitigasi IDI Serukan PSBB Ketat di Pulau Jawa Selama 2 Pekan

Eramuslim.com – Tim Mitigasi Ikatan Dokter Indonesia (IDI) beserta Perhimpunan Lima Profesi Dokter menyerukan pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) secara ketat minimal di Pulau Jawa.

Dorongan ini muncul seiring jumlah kasus COVID-19 di Indonesia yang semakin melonjak.

“Kondisi sekarang secara laporan yang kita terima dari daerah, khususnya di Pulau Jawa, DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Timur, Yogyakarta, sudah melebihi kapasitas tampung baik di rumah sakit dan Puskesmas,” kata Ketua Tim Mitigasi Dokter PB IDI , Adib Khumaidi, dalam konferensi pers virtual seperti dilansir Antara, Minggu (27/6/2021).

Adib mengatakan kasus COVID-19 semakin meningkat tajam dari semula 12.624 kasus pada Kamis (17/6), menjadi menjadi 20 ribu lebih kasus Sabtu (26/6). Lonjakan kasus pada periode tersebut, kata Adib, mencapai lebih dari 500 persen serta diikuti dengan peningkatan kasus kematian berkaitan dengan COVID-19.

Adib mengatakan saat ini lebih dari 24 kabupaten/kota di Indonesia melaporkan keterisian ruang isolasinya di atas 90 persen. Untuk ruang gawat darurat di berbagai rumah sakit mendekati bahkan ada yang melebihi angka 100 persen.