Tragis! Sang Inisiator Gerakan Ekonomi Umat 212 Dihilangkan Dari Sejarah

Eramuslim.com – Aksi akbar reuni 212 telah berlalu dan berlangsung masif dan damai. Dua tahun lalu, di tahun 2016, peristiwa bersejarah aksi bela Islam 212 berhasil membangkitkan persatuan umat, selain itu telah melahirkan suatu ide pergerakan untuk membangkitkan ekonomi umat Islam di Indonesia. Lahirlah koperasi syariah 212 yang kini sudah berbadan hukum tetap dan memiliki berbagai usaha berjamaah.

Muncul Hoax tentang Koperasi Syariah 212

Dalam berita yang dimuat Republika pada 26 Juni 2018,  pengurus Koperasi Syariah 212 mengklarifikasi beredarnya pesan (broadcast) tentang Koperasi Dua Dua Belas yang diketuai oleh Eka Gumilar dan kawan-kawan melalui aplikasi percakapan dan media sosial

Klarifikasi di Website Koperasi Syariah 212

Beredarnya pesan hoax tersebut telah merugikan pihak Eka Gumilar. Eka dipojokkan, seolah memviralkan broadcast yang berkembang dengan dimuatnya pemberitahuan bahwa koperasi syariah yang Eka buat berbeda dengan yang saat ini bergerak.

Ketika dihubungi gelora.co, Eka menepis pesan hoax tersebut. Ia menerangkan bahwa dirinya tidak pernah mendirikan koperasi dengan nama “dua dua belas”, yang ada dia adalah penggagas awal koperasi syariah “dua satu dua”.