Unggah Biaya Perawatan COVID-19 Hingga Rp 200 Juta, Netizen: Mending Meninggal Aja

Eramuslim.com – Belum lama ini, salah seorang pasien Covid-19 membeberkan biaya yang harus ia keluarkan selama perawatan. Juno, melalui akun Twitternya pada Selasa (9/6/2020) membagikan pengalamanya dalam sebuah utas.

Dalam utasnya tersebut, Juno membagian foto tagihan biaya Covid-19 yang harus ia keluarkan selama perawatan.  Untuk biaya tagihan selama 9 hari, ia ditagih kurang lebih Rp 33.794.977.

“Ini aja biayanya cuma atas kamar rawat (isolasi) 9 hari, obat-obatan, lab thorax sama darah, visit dokter, udah. Enggak ada tindakan yang gimana-gimana karena puji Tuhan gue enggak sampai sesak napas,” tambah Juno.

Menurutnya, biaya akan semakin mahal jika ia membutuhkan tindakan lain seperti ventilator.

“Nah ini juga belum perawatan paska pulang dari Wisma Atlet. Gue dirawat lagi buat ngamanin beberapa keluhan-keluhan yang bikin hidup gue ribet. Biayanya? 36 juta sendiri. So, total gue udah ngabisin 70 juta (untuk perawatan Covid-19),” tulis Juno.

Juno menegaskan, bahwa pemerintah juga menyediakan fasilitas gratis di rumah sakit rujukan. Namun akan sulit masuk karena tetap harus didukung diagnosa medis.

Ia juga menyatakan, jika perawatan di Wisma Atlet tidak dikenakan biaya. Sementara itu, biaya yang ia keluarkan selama perawatan di RS swasta telah ditanggung oleh asuransi pribadi.