Usai Aksi Bakar Al Quran, Denmark dan Swedia Perketat Perbatasan

Pasca Aksi Bakar Al Quran,  Denmark dan Swedia Merasa Terancam hingga Perketat Perbatasan

Eramuslim.com -Denmark dan Swedia merasa terancam dengan terus berulangnya pembakaran Alquran di wilayah mereka. Kedua negara menyatakan akan memperketat perbatasan mereka.

“Pihak berwenang hari ini menyimpulkan bahwa saat ini perlu untuk meningkatkan fokus pada siapa yang memasuki Denmark, untuk menanggapi ancaman spesifik dan saat ini,” bunyi pernyataan Kementerian Kehakiman Denmark dalam sebuah pernyataan pada Kamis (3/8/2023) malam.

Pihak berwenang khawatir serangan balas dendam setelah aktivis anti-Islam di Denmark dan Swedia membakar dan merusak beberapa salinan kitab suci umat Islam dalam beberapa bulan terakhir.

Pengawasan perbatasan Denmark yang lebih ketat pada awalnya akan dilakukan hingga 10 Agustus. “Pembakaran Alquran baru-baru ini, seperti yang dikatakan polisi keamanan, memengaruhi situasi keamanan saat ini,” kata Menteri Kehakiman Peter Hummelgaard.

Perdana Menteri Denmark Mette Frederiksen Kamis malam juga mengatakan, teks-teks agama tidak boleh dibakar. “Saya pikir akan salah jika seseorang berdiri di sana dan membakar Alkitab. Saya juga tidak berpikir kita harus membakar Taurat demi mereka yang beragama Yahudi,” kata Frederiksen kepada penyiar publik DR.

Sekelompok kecil aktivis sayap kanan Denmark telah membakar sedikitnya sepuluh eksemplar Alquran dalam sepekan terakhir. Mereka berencana untuk membakar lebih banyak Alquran dalam dua demonstrasi pada Jumat (4/8/2023) dan tiga acara lainnya selama akhir pekan.

Pemerintah Denmark dan Swedia telah mengutuk pembakaran tersebut dan sedang mempertimbangkan undang-undang baru yang dapat menghentikannya. Namun kritikus domestik mengatakan, keputusan semacam itu akan merusak kebebasan berbicara yang dilindungi dalam konstitusi negara.

Sebelumnya, Swedia juga berencana untuk meningkatkan kontrol perbatasan dan pemeriksaan identitas di titik-titik penyeberangan karena situasi keamanannya memburuk selama krisis pembakaran Alquran yang telah mengguncang negara itu. Perdana Menteri Swedia Ulf Kristersson mengatakan langkah itu diperkirakan akan disetujui oleh pemerintahnya pada Kamis.

Ini dimaksudkan untuk mencegah “orang-orang dengan koneksi yang sangat lemah ke Swedia” datang ke negara itu “untuk melakukan kejahatan atau bertindak bertentangan dengan kepentingan keamanan Swedia,” katanya pada konferensi pers di Stockholm pada Selasa.

Serangkaian penodaan Alquran publik baru-baru ini di Swedia dan Denmark yang dilakukan oleh segelintir aktivis anti-Islam telah memicu demonstrasi kemarahan di negara-negara Muslim. Di antara insiden lainnya, pengunjuk rasa menyerang Kedutaan Besar Swedia di Irak dan membakarnya pada bulan Juli.

Pekan lalu, dinas keamanan dalam negeri Swedia memperingatkan bahwa situasi keamanan telah memburuk setelah pembakaran Alquran baru-baru ini di negara tersebut dan protes di dunia Muslim, yang keduanya berdampak negatif terhadap citra negara Nordik.

“Saya pikir ini adalah situasi serius di mana kepentingan nasional Swedia terancam,” kata Kristersson, menambahkan bahwa dia tetap berhubungan dekat dengan rekannya dari Denmark Mette Frederiksen tentang bagaimana “membela nilai-nilai Denmark dan Swedia.”

“Segala sesuatu yang legal tidak sesuai. Itu bisa halal tapi tetap mengerikan,” kata Kristersson mengacu pada undang-undang di Swedia, yang tidak memiliki undang-undang khusus yang melarang pembakaran atau penodaan Alquran atau teks agama lainnya.

Dinas Keamanan Swedia mengatakan dalam penilaiannya bahwa pembakaran dan penodaan buku-buku agama, dan kampanye disinformasi yang sedang berlangsung di media sosial dan di tempat lain, telah berdampak negatif terhadap profil Swedia.

Badan itu mengatakan reputasi negara itu saat ini dapat memicu ancaman terhadap Swedia “dari individu-individu dalam lingkungan Islamis yang keras.”

Oleh karena itu, “sangat penting” untuk menghentikan orang yang dianggap sebagai potensi ancaman memasuki Swedia, kata Kristersson.

Amandemen undang-undang yang diputuskan sebelumnya memberi polisi Swedia kekuatan yang lebih besar untuk melakukan pemeriksaan identitas dan pemeriksaan kendaraan dan tubuh di titik-titik perbatasan, kata Menteri Kehakiman Gunnar Strömmer, yang tampil bersama Kristersson di konferensi pers.

Pada Senin, Organisasi Kerjasama Islam mengadakan pertemuan darurat online para menteri luar negerinya untuk membahas insiden baru-baru ini di mana kitab suci Islam dibakar atau dirusak pada protes di Swedia dan Denmark.

Kelompok organisasi yang berbasis di Arab Saudi itu mendesak 57 negara anggotanya untuk menurunkan hubungan dengan negara-negara yang mengizinkan pembakaran Alquran, termasuk penarikan duta besar.

Hassan Nasrallah, pemimpin kelompok militan Syiah Lebanon Hizbullah, kemudian mengkritik pernyataan OKI, menyebutnya lemah, karena membuka pintu bagi setiap negara untuk mengambil tindakan atau tidak. Dia mengatakan kepada “pemuda Muslim” bahwa “tidak ada gunanya lagi menunggu siapa pun,” dan mendesak mereka untuk mengambil tindakan sendiri.

Dia tidak merinci bagaimana mereka harus mengambil tindakan. Nasrallah telah mengatakan kepada para pengikutnya pada Sabtu, dalam pidatonya yang lain, bahwa jika pemerintah negara-negara mayoritas Muslim tidak bertindak melawan negara-negara yang mengizinkan penodaan Alquran, umat Islam harus “menghukum” mereka yang memfasilitasi penyerangan terhadap kitab suci Islam.

Sumber: republika

Beri Komentar